Cara mudah mem-boots volume suara di ubuntu linux

Cara mudah mem-boots volume suara di ubuntu linux

Mungkin kamu pernah merasa volume diperangkat komputer kamu serasa kecil walau rate volume sudah mentok dimaksimal 100%. Pada pembahasan ini saya akan coba membahas cara mudah mem-boots volume suara khususnya untuk Sistem Operasi Ubuntu Linux. Mungkin untuk ditempat lain yang pakai windows atau mac os bisa cari software third party yang bisa digunakan.

Cara untuk melakukan hal ini dilinux cukuplah mudah, karena kita cukup menjalankan sebuah perintah pada terminal. Sebab pada dasarnya fasilitas ini sudah include didalam OS-nya sendiri.

Sebenarnya untuk Ubuntu versi yang masih pakai Unity ini tersedia dalam bentuk GUI, Kurang lebih seperti ini tampilannya.

Cara mudah mem-boots volume suara di ubuntu linux

Caranya kita cukup men-checklist opsi "Allow louder than 100%...", jadi yang mulanya volume maksimal hanya sampai 100%, dengan mengaktifkan ini maka volume maksimal akan naik menjadi 200%. Namun entah kenapa di Ubuntu yang baru 18.04 ke atas yang sudah menggunakan GNOME, fitur ini malah tidak ada, dan volume hanya mentok di 100% saja.

Walau GUI-nya hilang tapi sebenarnya kita masih bisa melakukan boots volume lewat perintah terminal, caranya pun cukup mudah, perintahnya kurang lebih seperti ini :

pactl set-sink-volume 0 150%

Untuk nilai 150% itu bisa kamu sesuaikan sendiri sesuai selera kamu, tapi jangan terlalu besar juga, soalnnya kasihan speakernya nanti. Mungkin kasih batas maksimal di 200% sudah cukup keras.

Jika pertintah di atas tidak berfungsi, mungkin kamu perlu menjalankan perintah ini untuk memasang pulse audio tools terlebih dahulu, kurang lebih seperti ini perintahnya :

sudo apt install pulseaudio-utils

Jika proses pemasangan sudah selesai, silahkan jalankan kembali perintah yang sebelumnnya. Sekarang kamu sudah bisa merasakan perbedaan volumenya. Mungkin pembahasan kali ini saya cukupkan dulu sampai disini, semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kamu. Jika memang ada yang kurang jelas kamu bisa buka diskusi pada kolom komentar, saya usahakan balas sesegera mungkin, terima kasih :)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post