Holy Quran API 6236 Verses 114 Surah 30 Juz dengan PHP 7 dan Codeigniter 3

Holy Quran API  6236 Verses 114 Surah 30 Juz dengan PHP 7 dan Codeigniter 3

Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi sebuah API AL-Quran lengkap dengan terjemahan dan tafsir. API ini dapat kamu hosting sendiri di tempat kamu, bisa dicoba di localhost atau pun di serverhost. API ini dibangun menggunakan kurang lebih sebagai berikut :
  • PHP 7.3.11
  • Codeigniter 3.1.11
  • Jquery 3.4.1 slim
  • Bootstrap 4.4.1
  • JSON Viewer 1.4.0

Untuk datanya sendiri bersumber langsung dari Kementerian Agama RI dan juga saya kombinasikan dengan source dari luar, sehingga pada translate API AL-Quran ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Yang bersumber dari Kemenag RI sebenarnya kamu juga dapat akses di https://quran.kemenag.go.id/ secara bebas, Tapi pada API yang saya buat ini sudah hasil kombinasi dari luar juga, sehingga Outputnya lebih lengkap dibandingkan dengan yang hanya bersumber dari Kemenag RI. Berikut adalah fitur-fitur yang tersedia pada API ini :
  • API Juz
  • API Surah
  • API Verse
  • Translations (Bahasa, English, Arabic)
  • Interpretation (Bahasa)
Kedepannya akan ada penambahan fitur secara bertahap, kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam mengembangkan API ini, bisa langsung ikut berkolaborasi saya di repo githubnya, bisa di akses disini https://github.com/dyazincahya/quran-api-with-php-codeigniter .

Kemudian untuk tampilah aplikasinya kurang lebih seperti ini jika kamu coba jalankan di tempat kamu :
Holy Quran API  6236 Verses 114 Surah 30 Juz dengan PHP 7 dan Codeigniter 3

Holy Quran API  6236 Verses 114 Surah 30 Juz dengan PHP 7 dan Codeigniter 3

Holy Quran API  6236 Verses 114 Surah 30 Juz dengan PHP 7 dan Codeigniter 3




Data API beserta dokumentasi sudah jadi satu dalam satu repo ini, jadi ini dapat memudahkan kamu dalam melakukan implementasi API ini pada aplikasi yang sedang kamu buat. 

Jika kamu ingin mencoba menjalankan API ini di lokal kamu, caranya cukuplah mudah. Kamu tinggal unduh atau clone repo ini lalu kamu pindahkan data repo ini ke localhost atau serverhost kamu, didalamnya kamu tidak perlu atur apa-apa lagi, kamu bisa langsung tes akses di browser.

Mungkin saya cukupan sampai disini dulu tulisan kali ini, jika ada yang kurang paham bisa langsung dikusikan saja dikolom komentar, saya usahakan untuk membalas komentar sesegera mungkin, terima kasih :)


REPO : https://github.com/dyazincahya/quran-api-with-php-codeigniter


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post