Cara fix duplikat shortcut icon android apps di homescreen (kotlin android studio)

Cara fix duplikat shortcut icon android apps di homescreen (kotlin android studio)

Tulisan kali ini saya akan coba membahas seputar cara menghilangkan duplikast icon ceperti gambar di atas. Jadi kasusnya itu adalah saat melakukan run apps ke device dari android studio, terus ketika proses install apps selesai pada homescreen muncul dua icon dari apps yang sama. Pada awalnya saya kira itu cache atau apa, atau memang masalah dari devicenya. Saya sudah coba clear cache, clean project, rebuild project dan lain-lain tetap tidak bisa.

Selidik punya selidik ternyata pengebabnya ada di file AndroidManifest.xml. Untuk kamu yang mungkin mengalami hal serupa bisa coba ikutin cara ini. Jadi pada kasus ini kesalahan yang saya buat adalah saya terlalu banyak mendefinisikan sintak berikut pada lebih dari satu activity di AndroidManifest.

<intent-filter>
    <action android:name="android.intent.action.MAIN" />
    <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
</intent-filter>

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini:

Cara fix duplikat shortcut icon android apps di homescreen (kotlin android studio)

Untuk solusi ini caranya kamu cukup menghapus salah satunya saja dan ketika kamu coba run ulang apps kamu seharusnya icon yang duplikat tadi sudah hilang.

Mungkin untuk tulisan kali ini saya cukupkan dulu sampai disini, semoga tulisan ini dapat membantu untuk yang mengalami kendala yang sama. Jika memang ada yang kurang paham kamu bisa buka diskusi dikolom komentar dan saya usahakan akan membalasnya sesegera mungkin. Terima kasih :)



0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post