Cara mudah boots volume laptop dengan pulse audio GUI di ubuntu

Cara mudah boots volume laptop dengan pulse audio GUI di ubuntu

Ini menyambung tulisan yang sebelumnya mengenai Cara mudah mem-boots volume suara di ubuntu linux. Untuk kamu pengguna linux yang memang belum terbiasa menggunakan perintah bash di terminal mungkin akan sedikit merepotkan menggunakan itu yang mana hanya untuk melakukan boots volume.

Untuk masalah itu saya punya solusi untuk kamu yang memang sedikit kaku dengan perintah bash, kamu dapat melakukan boots volume sampai 200% kurang lebih hanya dengan klik-klik layaknya aplikasi pada umumnya. Cara ini sangat di rekomendasikan untuk kamu yang memakai operating system yang berada di garis keturunan debian, ubuntu.

Saya sendiri menggunakan ini di Elementary OS. Untuk kamu pengguna linux diluar garis keturunan debian, ubuntu mungkin bisa coba mencari  alternatif lain dengan menggunakan kata kunci lain yang tidak jauh berbeda di mesin pencarian.

Nama packagenya adalah pavucontrol, yang mana adalah akronim dari pulse audio volume control. Cara memasangnya cukup mudah, kamu cukup menjalankan perintah ini di terminal, kemudian tunggu saja sampai prosesnya selesai.

sudo apt-get install pavucontrol

Jika proses pemasangan berjalan lancar maka bentuk aplikasinya kurang lebih seperti ini :

Cara mudah boots volume laptop dengan pulse audio GUI di ubuntu

Dari sini kamu tinggal mengatur controlnya sesuka kamu, cukup mudah bukan?


Mungkin pembahasan ini cukup sampai disini, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kekurangan atau salah dalam pembahasan ini, jika berkenan bisa lakukan koreksi lewat kolom komentar di bawah, terima kasih :)

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post