Tanpa Root! Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di handphone android secara permanen

Tanpa Root! Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di handphone android secara permanen

Jika kamu seorang pengguna handphone android pasti kamu suka menemukan beberapa aplikasi yang sudah terpasang dalam handphone padahal kondisinya kita baru membeli handphone tersebut. Terkadang apikasi yang sudah terpasang itu tidak bisa kita hapus, kasusnya jika aplikasi bawaan itu benar benar tidak berguna untuk kita, terpasang ga bisa di hapus cuma menuh-menuhin memori saja, kadang suka bikin kita greget kalo sudah kyk gitu.

Aplikasi bawaan dari handphone yang tidak bisa dihapus biasanya disebut "Bloatware". Yang umum terpasang pada handphone android contohnya seperti : Youtube, google map facebook, google play store, google play movie, google play music, hangout, google photo, google search dan lain-lain. Kadang jika brand tertentu seperti xiaomi biasanya ada aplikasi tambahan mereka di luar aplikasi bawaan google, contohnya seperti MI Video, MI Music, MI Drop dan lainnya. Untuk aplikasi bawaan google okelah tidak masalah jika tidak bisa di hapus, karena sebagian besar aplikasinya beguna untuk kebanyakan orang, khususnya saya.

Cuma jika aplikasi bawaan brand itu aplikasinya biasanya berguna juga namun minusnya kadang suka disematkan iklan yang cukup mengganggu pengguna aplikasi, khususnya saya pribadi. Gregetan, harapannya saya ingin menghapus aplikasi bawaan itu dan menggantinya dengan aplikasi yang bersih dari iklan.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas seputar cara menghapus aplikasi bawaan di handphone android secara permanen tanpa perlu root. Saya mempraktikan cara ini pada handphone android Redmi 4 Prime saya, dan itu berhasil. Cara ini bisa dipakai pada handphone android brand manapun. Sebelum masuk ke pembahasan utama saya ada sedikit catatan untuk kamu ;
Catatan saya: “Jangan hapus aplikasi system. Jangan sampai salah hapus, karena itu bisa mengakibatkan ponsel anda mengalami bootloop atau kerusakan system. Jika anda ragu dan tidak paham aplikasi tersebut itu apa dan fungsinya apa, sebaiknya jangan dihapus.”
Oke jika kamu sudah paham mari kita coba masuk ke pokok bahasan utama, coba ikuti setiap tahapannya dengan baik.

PERSIAPAN TOOLS
  1. Siapkan Perangkat laptop atau komputer, kabel data, dan handphone android.
  2. Install Aplikasi ADB.Driver.Installer.v2.0 diperangkat kamu [DOWNLOAD DISINI]
  3. Kemudian Install Aplikasi ADB-Fasboot-And-Driver-v1.4.3 diperangkat kamu [DOWNLOAD DISINI]
  4. Lalu yang terakhir install aplikasi App Inspektor di handphone android kamu [DOWNLOAD VIA PLAYSTORE]

DEVELOPER MODE

Pada bagian ini kamu coba aktifkan "Developer Mode atau Mode Pengembang" di handphone kamu, jika tidak tahu caranya bisa browsing saja di google. Jika developer mode sudah aktif jangan lupa aktifkan opsi USB Debuging yang ada di depeloper mode.

CARI PACKAGE NAME

Pada tahapan ini kamu coba buka aplikasi App Inspektor yang tadi kamu install lalu kamu pilih 1 aplikasi yang ini kamu hapus. Pada kasus ini saya akan menghapus aplikasi browser bawaan Xiaomi di handphone android Redmi 4 Prime saya

Tanpa Root! Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di handphone android secara permanen

Lalu klik saja aplikasi yang kamu sudah pilih itu, lalu kamu akan di bawa tampilan seperti dibawah ini, kamu lihat pada bagian package name yang saya kasih tanda merah. Bagian ini akan kita gunakan di langkah yang selanjutnya.

Tanpa Root! Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di handphone android secara permanen

Jangan di close aplikasi App Inspektornya, itu bakal jadi contekan kita dalam proses Uninstall Aplikasinya nanti, oke lanjut ke langkah selanjutnya.

BUKA COMMAND PROMPT ATAU POWER SHELL AS ADMINISTRATOR

Masuk ke folder C:\adb tempat "adb" terinstall. Tekan SHIFT lalu KLIK KANAN, pilih "Open PowerShell window here" atau "Open CommandPrompt window here". Pada bagian ini kamu bebas mau pakai PowerShell ataupun CMD, sama saja. Lihat gambar dibawah ini yang saya tandain merah.

Tanpa Root! Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di handphone android secara permanen

Atau cara gampangnya cari CommandPrompt di menu star, klik kanan lalu "Run as Administrator", kemudian kamu masuk ke C:\adb dengan cara ketik cd ..\.. (enter), lalu ketik cd adb (enter)

CHECK DEVICE DENGAN ADB

Untuk melakukan Check Device, kamu harus menghubungkan Handphone Android dengan Laptop/Komputer, caranya dengan menggunakan Kabel Data. Usahakan terhubung dengan "Mode USB Data Transfer" Bukan "Mode USB Charging".

Kemudian langkah selanjutnya ketikan perintah berikut ini pada CMD/POWERSHELL yang telah dibuka tadi. Lihat juga gambar dibawah ini, lihat yang saya tandai merah.

adb devices

Tanpa Root! Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di handphone android secara permanen

PROSES UNINSTALL APLIKASI

Pada bagian ini package name yang sebelumnya sudah kita dapat akan digunakan diproses ini, caranya. Pada CMD/POWERSHELL ketikan perintah berikut ini :

adb shell

Lalu ketikan perintah berikut ini untuk menghapus aplikasi yang ingin kita hapus

pm uninstall 'PACKAGE_NAME'

Jika mengacu pada package name yang sudah kita dapat di atas, kamu cukup ketikan seperti ini saja berarti

pm uninstall 'com.android.browser'

Langsung enter saja, dan nanti akan muncuk pesan success jika proses uninstall sudah selesai. Langkah selanjutnya kamu tinggal ganti PACKAGE_NAME nya saja dengan PACKAGE_NAME aplikasi yang ingin kamu hapus.

Ulangi terus cara ini sampai aplikasi yang ingin kamu hapus terbabat habis. Tapi jangan lupa catatan saya diatas yah, jangan asal hapus aplikasi jika kamu tidak tahu fungsi dari aplikasi tersebut.

Oke mugkin untuk tulisan kali ini saya cukupkan sampai disini dulu, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu. Kamu bisa isi kolom komentar jika memang ada yang ingin ditanyakan, saya akan coba balas sesegera mungkin untuk kamu, Terima Kasih, Auf Wiedersehen......


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post