Friday, September 27, 2019

Cara mudah membaca dan memahami kode angka permission pada sistem operasi linux

Cara mudah membaca dan memahami kode angka permission pada sistem operasi linux

Pada pembahasan kali ini saya akan sedikit membahas seputar permission linux, kita akan coba memahami bagaimana cara membaca kode angka permission di linux. Pembahasan ini akan sedikit lebih panjang, jadi saya akan coba membahasnya sedikit demi sedikit, step by step. Dipembahasan ini saya akan mengacu pada gambar yang ada di atas sebagai bentuk ilustrasinya, semoga kamu dapat memahaminya.


OWNERSHIP PEMISSION

Pada sistem linux terdapat 3 akses kepemilikan, yaitu
  • User merupakan orang yang memiliki file, milik per seorangan.
  • Group merupakan kepemilikan kelompok, dimana didalam satu group memungkinkan banyak user, jadi jika suatu file atau folder di atur kepemilikanya berdasarkan group maka memungkinkan diakses oleh semua user yang ada di group tersebut.
  • World atau biasa saya menyebutnya dengan sebutan "Other", karena akses kepemilikan ini lebih luas jangkauannya, di luar kepemilikan "user" ataupun "group", bisa di bilang semua orang dapat mengaksesnya, bisa di bilang full konsumsi publik, namun walau pun publik, kamu masih tetap mengatur batasan mode-nya.


MODE PERMISSION

Ada 3 mode permission yang terdapat pada sistem operasi linux, diantaranya :
  • Read, berfungsi untuk memberi izin apakah file/folder tersebut dapat di baca atau tidak.
  • Write, berfungsi untuk memberi izin menulis pada file atau folder.
  • Execute, berfungsi untuk memberi izin mengeksekusi pada file ataupun folder.

Kurang lebih seperti itu, semoga kamu dapat memahami pemaparan saya di atas. Nah sekarang kita akan masuk ke topik utamanya, yaitu cara membaca dan memahami kode angka permission.

Untuk kamu yang sudah pernah menggunakan linux pasti tidaklah asing dengan kode angka permission seperti 775, 664, ataupun kode untuk full akses 777. Kode-kode tersebut kamu tidaklah perlu di hafal, kamu bisa memahaminya dengan mudah apa arti di balik kode angka tersebut.


VALUE MODE PERMISSION

Setiap mode permission itu memiliki value atau nilai, hal ini lah yang akan membentuk sebuah kode angka seperti 777, 755 dan lain-lainnya. Jika kamu memperhatikan gambar di atas seharusnya kamu sudah mengetahui berapa saja nilai yang terdapat pada tiap-tiap modenya. Tapi jika kamu belum menyadarinya saya akan coba ulang disini :

  • Read nilainya 4
  • Write nilainya 2
  • Execure nilainya 1


SAMPLE CASE

Pada bagian ini kita akan mencoba satu kasus dengan memecahkan 1 kode angka, kita ambil contoh 664. Kira-kira dari mana asal kode angka tersebut? Lihat ilustrasi gambar dibawah ini

Cara mudah membaca dan memahami kode angka permission pada sistem operasi linux

Jika kamu memperhatikan gambar di atas, pada bagian ini kamu perlu sedikit menggunakan logika, kira-kira kolom mana saja yang perlu kamu isi sehingga dapat menghasilkan angka 644, pada gambar di atas saya sudah isi sendiri, dan muncul lah angka berikut.

Dapat di simpulkan bahwa kode permission 644 dapat diartikan kira-kira seperti ini :
  • User dapat melakukan baca dan tulis pada file/folder.
  • Group hanya bisa melakukan baca pada file/folder.
  • World pun hanya dapat melakukan baca pada file/folder.

Gimana? Sampai sini apakah kamu sudah mendapat gambaran tentang bagaimana cara menerjemahkan kode permissionnya? Harusnya sampai disini kamu sudah mendapat gambaran jelas seputar ini.

Untuk latihan kamu coba terjemahkan sendiri kode permission 241, kira-kira apa arti dari kode permission tersebut, untuk jawab kamu bisa kasih tahu di kolom komentar jika mau dan tidak pun tidak masalah :)

Mungkin pembahasan ini cukup sampai disini, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu, terima kasih.



Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon