Monday, October 21, 2019

Tips memilih sebuah web hosting murah berkualitas namun masih sesuai dengan budget

Tips memilih sebuah web hosting murah berkualitas namun masih sesuai dengan budget


Di jaman yang serba segala online website bukanlah menjadi sebuah benda asing lagi, bahkan awam yang memang tidak punya latar belakang IT pun bisa membangun websitenya sendiri dengan tools yang sudah ada saat ini. Paling populer adalah wordpress, yang mana sangatlah mudah menggunakannya, instalasi yang tinggal next next saja, tidaklah sulit. Tutorial bertebaran di internet jikalau memang kepentok. Diluar kebutuhan website yang meningkat otomatis kebutuhan akan hosting pun meningkat juga. Sekitar 7 tahun terakhir banyak perusahaan hosting baru bermunculan dan menawarkan variasi harga yang bermacam-macam, mulai dari yang paling murah, menengah sampai yang mahal. Cuma sebelum memilih sesuatu, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa yang menjadi kebutuhan, baru dari situ kita dapat menentukan mahal atau tidaknya harga dari suatu hosting.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada kalian tentang bagaimana cara memilih sebuah web hosting murah berkualitas namun masih sesuai dengan budget. Ada beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih sebuah web hosting, diantanya :

SPACE
Space atau storage atau memori atau apalah, pada bagian ini pastikan tempat hosting kamu memungkinkan untuk melakukan upgrade storage dengan mudah, karena akan tiba satu ketika hosting kamu sudah kebanyakan data pasti kamu memerlukan yang namanya upgrade storage.

WEB SERVER
Umumnya perusahaan hosting hanya menyediakan web server untuk bahasa pemrograman PHP, entah itu servernya pakai apache atau yang lainnya. Web hosting yang mendukung banyak web server di dalam hostingnya sangat di perlukan, karena agar terlihat ringkas saja, semua ada dalam satu tempat istilahnya ALL IN ONE. Karena saya termasuk orang yang menggunakan lebih dari 1 bahasa pemgrograman, bagian ini sangatlah diperlukan, entah nantinya dibutuhkan untuk mendukung proses belajar bahasa baru ataupun produksi.

BANDWITH
Yang namanya web hosting pasti tidak dapat lepas dengan yang namanya bandwith. Bandwith ini bisa kita ibaratkan seperti kuota internet, yang mana ketika kuota internet habis maka kita tidak akan bisa browsing, begitupun bandwith pada web hosting, jika bandwithnya habis maka web kita tidak akan bisa di akses oleh orang lain.

PERFORMA
Pada bagian ini lebih ke tersediaan fitur, hosting yang bagus biasanya didalamnya tersedia fitur seperti LiteSpeed, CloudFlare dan lainnya. Kegunaan fitur tersebut adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kecepatan sebuah web.

SECURITY
Bagian ini yang sangat penting, guna untuk kebutuhan keamanan dalam sebuah hosting, pastikan hosting yang kamu pilih menyediakan fitur seperti anti-virus, raigun, dan lainnya. Syukur-syukur hosting yang kamu pilih menyediakan fitur free SSL, agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sebuah SSL.

BACKUP
Seaman apapun hosting yang kamu gunakan yang namanya sudah naik ke internet pasti ada saja yang bisa menembus, lalu data kamu bisa diambil, sadisnya mungkin data kamu akan dihapus, jadi yang namanya backup akan selalu diperlukan, jadi lebih baik kamu pilih hosting yang memang menyediakan fasilitas daily backup, itu akan lebih baik dan membuat kita tenang.


Sejauh ini hosting yang memang memenuhi poin-poin di atas adalah domainesia, saya termasuk pengguna domainesia, dan sangat nyaman hosting disana, dengan apa yang akan didapat harganya cukup terjangkau dan sesuai dengan budget saya.

Mungkin saya cukupkan sampai disini dulu, semoga tulisan ini bisa bermanfaat, terima kasih :)


============================
Artikel ini disponsori oleh DomaiNesia 

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon