Friday, July 12, 2019

VPS Indonesia solusi bagi hosting kapasitas besar! Cara memilih VPS yang baik

Topik kali ini adalah "VPS Indonesia solusi bagi hosting kapasitas besar! Cara memilih VPS yang baik", sebelum masuk ke topik utama, kita akan mulai dari VPS itu sendiri, Kira-kira apa itu VPS?

APA ITU VPS?

VPS atau akronim dari Virtual Private Server merupakan sebauh server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dapat terpengaruh oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan dapat melakukan apa pun yang diinginkan.

TINGKATAN HOSTING

Secara tingkatan hosting sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :
  1. Pertama ada yang namanya Dedicated Server, disini pihak penyedia menyediakan sebuah server secara fisik kepada penyewanya.
  2. Lalu ada VPS atau Virtual Private Server, Di sini pihak penyedia menyewakan sebuah servernya ke beberapa client saja, tetapi di mata client seolah-olah mempunyai server sendiri. Ini merupakan jembatan menuju ke dedicated server. Harganya lebih murah daripada dedicated server. Dalam satu dedicated server memungkinkan terdapat beberapa VPS.
  3. Shared hosting, tiap pelanggan mendapatkan sebuah username password untuk suatu website mereka.
Jika mengacu pada tingkatannya, yang memang memiliki akses penuh tanpa dapat terganggu oleh pengguna lain yaitu VPS dan Dedicated, keduanya biasanya digunakan untuk tempat data aplikasi atau website yang memang cakupannya versi serius, tapi tidak menutup kemungkinan orang diluar itu bisa menggunakan dan memiliki VPS, semua tergantung kebutuhan. Karna beberapa teman sesama developer banyak juga yang punya VPS hanya untuk kebutuhan pribadi, guna untuk menghosting aplikasi yang mereka buat, demo atau yang lainnya.

VPS Indonesia solusi bagi hosting kapasitas besar! Cara memilih VPS yang baik

Diatas merupakan gambaran kasar yang mungkin dapat memberikan gambaran, kira-kira ada dimana posisi ketiga tingkatan hosting itu. Jika gambar diatas kita coba baca maka, akan begini bunyinya :
  • Dalam 1 dedicated server memungkinkan memungkinkan ada beberapa vps, tapi tidak menutup kemungkinan si dedicated itu langsung di pecah menjadi shared hosting.
  • Dalam 1 VPS memungkinkan ada beberapa share hosting.
Namun untuk kasus shared hosting ini, ketika salah satu pengguna shared hosting bermasalah memungkinkan mempengaruhi pengguna hosting yang lain, ya seperti yang sudah di jelaskan diatas. Misalkan salah satu pengguna shared hosting ada yang terkena virus maka pengguna shared hosting yang lain "berpotensi" ikut terkena juga, dan saya sendiri pernah mengalaminya, dan itu sangat menyebalkan.

KENAPA MUSTI MENGGUNAKAN VPS?

Dapat akses penuh sebagai superuser alias root

Keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh VPS adalah pengaturan server yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri. Jika kamu mau memasang custom software, maka tidak perlu lagi menunggu penyedia server untuk memfasilitasinya. Hal ini berbeda dengan shared hosting yang mengesampingkan faktor kemudahan. Shared hosting justru mengutamakan keamanan sehingga pengguna tidak bisa bebas untuk memasang berbagai macam software pada server miliknya. Sedangkan root access penuh pada VPS akan memberikan kendali sepenuhnya ditangan kamu.

Harga yang sebanding dengan kualitas dan performa

Dulu VPS memang dianggap sangat mahal. Namun dengan adanya peningkatan teknologi virtual dan menjamurnya perusahaan penyedia server maka biaya sewa untuk sebuah Virtual Private Server akan semakin menurun. Bahkan dengan harga 100 ribu rupiah saja kamu sudah bisa mendapatkan sebuah VPS mini dengan disk space, memory, cpu dan bandwidth yang mencukupi. Hampir semurah shared hosting namun bebas dari permasalah yang dimiliki oleh shared hosting.

Server yang lebih stabil

Kebanyakan server VPS lebih stabil dibandingkan dengan shared hosting. Ini dikarenakan pengguna akun satu dengan yang lainnya tidak saling berpengaruh seperti yang ada di shared hosting. Sehingga membuat kinerja server cenderung stabil.

Memiliki IP public

Pada saat sewa VPS, pengguna akan mendapatkan alamat IP khusus yang hanya dimiliki oleh server itu sendiri. Alamat IP ini dapat digunakan untuk mengakses server menggunakan SSH atau mengakses file yang ada di browser menggunakan alamat IP, bukan domain.

Akses resources server yang cukup.

Dibandingkan dengan shared hosting, resource pada VPS lebih besar dengan harga yang hampir sama. Pengguna juga dapat menambah kapasitas RAM, Bandwidth, dan CPU yang tidak bisa ditambahkan jika menggunakan shared hosting.

Mungkin beberapa poin diatas ada yang memang kamu butuhkan dan kamu merasa tidak cukup hanya sekedar menggunakan shared hosting, aku yakin jika kamu niat, hal itu pasti langsung terbesit dibenak kamu.

BAGAIMANA CARA MEMILIH VPS YANG BAIK?

Ada beberapa poin yang mungkin kamu musti pertimbangkan dalam memilih sebuah hosting VPS, berikut adalah poin-poinnya :

Bandwith

Bandwith ini bisa kita ibaratkan seperti kuota internet, dan pada umumnya bandwith yang di sediakan oleh pihak penyedia hosting akan di batasi. Besarnya bandwith akan mempengaruhi seberapa banyak pengunjung yang dapat mengakses website kita. Pada bagian ini saya sarankan kamu memilih penyedia yang memang menyediakan bandwith unlimited.

Kecepatan server

Bagian ini merupakan kebalikan dari kebutuhan bandwith itu sendiri, Pada bagian ini yang di sorot bukanlah pada seberapa banyak pengunjung dapat mengakses website kita, melainkan seberapa cepat website kita dapat di akses oleh pengunjung, disini kecepatan server berpengaruh. Jadi jika kamu pikir saat mengakses website yang berperan hanyalah koneksi internet kamu, itu salah besar. Pada saat kamu mengakses sebuah website, dari sisi client (kamu) sebenarnya akan merequest konten ke server, dan dari sisi server sendiri akan menerima requestan itu, lalu kemudian si server akan mengirimkan konten yang di request oleh client (kamu), dan untuk melakukan itu disisi server pun memerlukan yang namanya koneksi internet.

Disk space, CPU core dan RAM

Untuk disk space sebenarnya tergantung kebutuhan sih, tidak melulu harus besar. Tapi rata-rata untuk sekelas VPS disk space yang di sediakan memang sudah cukup lumayan besar, ya sekitar 10GB ke atas bisa kamu dapat. Cuma yang perlu kamu sorot disini adalah, usahakan pilih VPS yang memang sudah menggunakan SSD, ini akan jauh lebih baik.  Untuk CPU core dan RAM pun sama, semua balik lagi ke kebutuhan kamu seperti apa. Jangan terlalu kecil dan jangan juga terlalu besar, karna akan berpengaruh ke budget yang akan kamu keluarkan nantinya. Jadi untuk yang ini saya tidak bisa memberikan kriteria yang terlalu spesifik.

Kualitas hardware

Komponen server akan dilihat dari kinerja hardwarenya. Semakin bagus suatu hardware semakin cepat pula kinerja server VPS (Virtual Private Server). Untuk itu, bagian ini pun kamu musti sesuaikan dengan kebutuhan.

Keamanan data

Untuk memastikan keamanan data, kamu sebaiknya menanyakan detail virtualisasi yang digunakan. Apakah openVZ, XEN, KVM atau yang lain-lain. Kebanyakan pengelola website lebih menyukai menggunakan VZCTL ENTER VID. Sebagai tambahan, meskipun VPS murah cenderung riskan dengan kualitas yang kurang, namun bukan berarti kamu harus memilih VPS dengan harga mahal. kamu sebaiknya melakukan perbandingan harga yang bijak antara satu penyedia VPS dengan penyedia VPS lainnya.

REKOMENDASI?

Dari poin-poin di atas, untuk kelas VPS Indonesia saya cukup tertarik dengan apa yang di tawarkan oleh DomaiNesia. Mereka menyediakan VPS dengan bandwith unlimited, disk space SSD dan lainnya yang memang  di rasa baik menurut saya, kamu bisa melihat lengkapnya disini : https://www.domainesia.com/vm/




============================
Artikel ini disponsori oleh DomaiNesia 

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon