Friday, October 12, 2018

Cara mudah running google chrome sebagai superuser atau root di ubuntu

Cara mudah running google chrome sebagai superuser atau root di ubuntu


Dibeberapa kasus kira perlu akses dengan level root atau superuser, dimana dengan akses di level ini kamu bebas melakukan apapun, secara semua akses akan terbuka ketika kita menjadi root. Untuk kasus saya pribadi waktu itu pernah ada kebutuhan untuk menjalankan google chrome di level root. Disini saya ingin berbagi sedikit tentang bagaimana cara mengakses google chrome di linux khususnya ubuntu.

Secara default untuk pengguna ubuntu, saat kita memasang google chrome, sourcenya sendiri akan tersimpan di /opt, path lengkapnya seperti ini mungkin /opt/google/chrome. Sederhananya jika kamu ingin menjalankan chrome lewat terminal, caranya kamu cukup mengetikan perintah seperti ini :

cd /opt/google/chrome
./google-chrome

Singkatnya jika kamu ingin mengaksesnya sebagai root maka kamu cukup menambahkan sudo di depannya, seperti ini :

cd /opt/google/chrome
sudo ./google-chrome

Benar, namun sayangnya cara ini tidak akan berhasil, kamu akan mendapati error seperti ini ketika mengetikan perintah diatas :

[28419:28419:1012/165920.079383:ERROR:zygote_host_impl_linux.cc(89)] Running as root without --no-sandbox is not supported. See https://crbug.com/638180.

Sebenarnya perintah di atas sudah hampir benar, namun ada sedikit perintah yang perlu kamu tambahkan, seperti ini :

cd /opt/google/chrome
sudo ./google-chrome --no-sandbox

Namun ada sedikit hal yang perlu kamu tahu, akan ada sedikit masalah jika kamu mengakses google chrome dengan level root, salah satunya kamu akan mendapati error seperti "profile error occurred", dimana error ini akan menyebabkan browser kamu ter-reset terus, jadi apapun yang kamu simpan di browser akan otomatis terhapus, contooh data yang terhapus yang di maksud itu seperti, history, bookmark, extension yang terinstall dan lain-lain, semoga beruntug :)

Mungkin untuk tulisan ini saya cukupkan dulu sampai disini, semoga bermanfaat yah :)

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon