Cara mudah install postman terbaru di linux ubuntu

Cara mudah install postman terbaru di linux ubuntu


Pada pembahasan kali ini saya akan membahas seputar cara install postman di ubuntu, cara ini berlaku juga untuk kamu yang ingin memperbagarui postman lama kamu ke yang baru. Pada praktiknya saya menggunakan ubuntu 16.04.

STEP BY STEP

Pertama buka terminal kamu, lalu ketikan perintah berikut :

wget https://dl.pstmn.io/download/latest/linux64 -O postman.tar.gz

Perintah diatas berfungsi untuk mengunduh postman terbaru dan nama file akan langsung di rename menjadi postman.tar.gz, tunggu sampai proses unduh selesai.

Kedua, setelah proses unduh selesai jalankan perintah selanjutnya, sebagai berikut :

sudo tar -xzf postman.tar.gz -C /opt

Perintah diatas berfungsi untuk mengektrak file postman.tar.gz dan sekaligus menyalin hasil ekstrak dari file postman.tar.gz ke folder /opt.

Ketiga, file sudah selesai di ekstrak, jika kamu merasa sudah tidak memerlukan file postman.tar.gz nya lagi, kamu bisa menghapusnya, dengan cara menjalankan perintah berikut :

rm postman.tar.gz

Keempat, yang terakhir silahkan jalankan perintah berikut :

sudo ln -s /opt/Postman/Postman /usr/bin/postman

Pada tahap ini akan ada sedikit masalah jika sebelumnya kamu pernah menginstall postman, akan ada pesan "file exist" ketika kamu menjalankan perintah di atas. Lalu untuk mengatasi itu kamu perlu menghapus file postman yang sudah ada disana, caranya :

sudo rm -R /usr/bin/postman

Jika sudah, kamu tinggal jalan kan lagi perintah ini :

sudo ln -s /opt/Postman/Postman /usr/bin/postman

Pada tahap ini selesailah sudah penjelasan cara menginstall postman di ubuntu, cukup sekian dulu semoga tulisan ini bermanfaat


0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama