Tuesday, August 12, 2014

Google Akan Membangun Sistem Kabel Di Bawah Laut

Google Akan Membangun Sistem Kabel Di Bawah Laut
Telah di issukan, google akan membangun sistem kabel di bawah laut yang berkecepatan 60.000 MegaByte (MB) per detik atau sama dengan 60 TeraByte (TB) per detik.

Perusahaan mesin pencarian terbesar di dunia itu kemarin mengumumkan telah bergabung dengan lima perusahaan raksasa lainnya untuk membangun sistem kabel bawah laut seharga $ 300.000.000 yang akan berjalan di Samudera Pasifik untuk memberi pasokan internet yang lebih cepat bagi pengguna di Asia. Hebatnya sistem kabel bawah laut berkecepatan tinggi, yang disebut ‘Faster‘, akan menghubungkan sebuah lokasi di pantai di Jepang dengan kawasan pesisir di Barat, termasuk Los Angeles, San Francisco, Portland dan Seattle.
Wah Luasnya !!! :D
Wakil presiden senior infrastruktur teknis google yang bernama Urs Holzle mengatakan dalam postinganya di google plus,
Jika sudah selesai, kabel ini dapat berjalan pada 60 TeraByte (TB) per detik, sekitar sepuluh juta kali lebih cepat dari kabel modem biasa.
“Kami ingin produk kami menjadi yang tercepat dan dapat diandalkan, dan itu membutuhkan infrastruktur jaringan yang besar, apakah itu untuk lebih dari satu miliar pengguna Android atau pengembang yang membuat produk pada Google Cloud Platform,” kata Urs H√∂lzle. “Dan kadang-kadang jalur tercepat adalah melalui laut.”

Pengerjaan akan segera dilaksanakan, menurut sebuah rilis dari NEC, perusahaan IT dan teknologi jaringan yang mendapat tugas untuk meletakkan kabel tersebut dibawah laut. Proyek ini dijadwalkan akan dimulai pada kuartal kedua 2016.

Ini bukan kali pertama google bermain di bawah air untuk meningkatkan kecepatan internetnya. Pada tahun 2008, google meletakan kabel bawah air yang menghubungkan Asia Tenggara dan Jepang.

Selain itu, untuk membangun sistem seperti ini,google juga didukung oleh UNITY, sebuah perusahaan sistem kabel Trans-Pasifik antara Amerika Serikat dan Jepang yang memulai debutnya pada tahun 2010.

Sumber Referensi : www.manado24.com


Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon