Saturday, September 28, 2013

Message Type Indicator ISO 8583


Seperti yang sudah dijelaskan pada bab sebelum-nya, MTI (Message Type Indicator) ini terdiri dari 4 digit karakter yang digunakan sebagai awal message utama ISO 8583 itu sendiri. MTI (Message Type Indicator) ini sendiri dibagi menjadi seperti gambar dibawah ini :


Keterangan Tiap Karakter MTI
Sebagai contoh sederhana, MTI 0110 bisa dijelaskan seperti dibawah ini :


Keterangan MTI (Diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/ISO_8583).

Untuk lebih jelasnya, sekarang mari kita masuk kedalam pembahasan tiap-tiap komponen yang terdapat dalam MTI (Message Type Indicator) beserta contoh-contoh-nya yang akan dijelaskan pada bab-bab dibawah ini :
  • Versi ISO 8583

Posisi pertama atau digit pertama dari MTI (Message Type Indicator) ini digunakan sebagai penanda versi ISO 8583 yang digunakan. Sedangkan versi yang terdapat dalam ISO 8583 adalah sebagai berikut :


Versi ISO 8583 (Diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/ISO_8583)

  • Message Class

Sedangkan pada posisi kedua atau digit kedua dari MTI (Message Type Indicator) ini digunakan untuk tujuan apa pesan itu secara keseluruhan. Dan kode atau nilai yang standart digunakan untuk mengisi digit kedua ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Keterangan Message Class Pada MTI (Diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/ISO_8583)
  • Message Function

Posisi ketiga atau digit ketiga dari MTI (Message Type Indicator) ini digunakan untuk mendifinisikan fungsi dari sebuah message apakah itu request, response ataupun advice. Dan kode atau nilai yang standart digunakan untuk mengisi digit ketiga ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Keterangan Message Function Pada MTI (Diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/ISO_8583)
  • Message Origin

Posisi keempat atau digit terakhir dari MTI (Message Type Indicator) ini digunakan untuk mendefinisikan dari mana message ini berasal (lokasi pengirim pesan). Dan kode atau nilai yang standart digunakan untuk mengisi digit keempat ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Keterangan Message Origin Pada MTI (Diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/ISO_8583)

Contoh Message Type Indicator

Setelah mengetahui setiap komponen yang terdapat pada MTI (Message Type Indicator), sekarang mari kita lihat beberapa contoh MTI (Message Type Indicator) yang standart digunakan seperti gambar dibawah ini (walaupun tidak semua implementasi MTI ISO 8583 mempunyai arti dan makna yang sama) :


Beberapa Contoh MTI (Diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/ISO_8583)

SUMBER Referensi : http://martinusadyh.web.id dan wikipedia


Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon