Friday, September 27, 2013

Apa itu Iso 8583 ?


Supaya memudahkan pemahaman, pada tulisan ini penulis akan mencoba menjelaskan tahap demi tahap kepada para pembaca. Dimulai dari perkenalan apa itu ISO (International Organization for Standardization) 8583, pengenalan format data atau pesan (message) pada ISO 8583, bagaimana membuat sebuah implementasi sederhana ISO 8583 dalam bahasa pemrograman Java menggunakan ServerSocket dan Socket sampai bagaimana membuat sebuah implementasi ISO 8583 dengan menggunakan pustaka (library) jPOS.

Sebagai awal pembahasan, pada bab ini kita akan membahas topik-topik dasar yaitu :

APA ITU ISO 8583 ?

Apa itu ISO 8583 ? ISO 8583 ini adalah sebuah standart internasional untuk transaksi finansial. Dan standart atau protokol ini sudah sejak lama digunakan oleh perbankan untuk menjembatani komunikasi-nya (walaupun tidak menutup kemungkinan pihak selain bank menggunakan protokol ISO 8583), dengan adanya sebuah standart komunikasi seperti ini maka tidak menutup kemungkinan transaksi dapat tetap dilakukan antar pihak yang terkait walaupun menggunakan sistem atau bahasa pemrograman yang berbeda.

Sedangkan dimana kita dapat melihat penggunaan nyata ISO 8583 ini ? Penggunaan ISO 8583 ini dapat kita lihat secara nyata yaitu pada mesin-mesin EDC seperti dibawah ini :
Mesin EDS


Selain pada mesin EDC, penggunaan ISO 8583 ini juga banyak diterapkan pada komunikasi antar bank ataupun antara Switcher dengan Biller.

TIPE MESSAGE ISO 8583

ISO 8583 ini sebenarnya dibagi menjadi 3 buah komponen yaitu :
  • Message Header, ini dapat digunakan sebagai penanda awal dari sebuah message.
  • Application Data, ini adalah inti dari ISO 8583. Semua format dan definisi message terdapat pada bagian ini.
  • Message Trailer, ini dapat digunakan sebagai penanda akhir dari sebuah message.
Dan jika digambarkan, struktur diatas akan terlihat seperti gambar dibawah ini untuk sebuah message lengkap ISO 8583 :

Struktur ISO 8583 

Dalam beberapa kasus, kadang-kadang dalam setiap message kita hanya menjumpai penggunaan Message Header atau Message Trailer saja. Penggunaan Message Header dan Message Trailer ini sepenuhnya tergantung pada setiap pihak yang berkepentingan dan harusnya informasi ini tertulis jelas pada dokumen spesifikasi teknis yang telah dimusyawarahkan dan disepakati bersama oleh kedua belah pihak atau lebih.

Karena Message Header dan Message Trailer hanya digunakan sebagai penanda saja, maka sekarang mari kita bahas tentang apa itu Application Data yang terdapat dalam ISO 8583 ini. Sama seperti struktur ISO 8583 diatas, Application Data ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang kurang lebih seperti berikut :
  • MTI (Message Type Indicator), adalah 4 digit karakter yang digunakan sebagai penanda awal dari message utama ISO 8583. 
  • Bitmap, adalah 8 bytes data binari atau 16 digit nilai hexadecimal yang digunakan sebagai penanda bit-bit atau data element mana saja yang aktif. (16 digit disini merupakan panjang standart dari Primary Bitmap saja, silahkan lihat penjelasan pada bab tentang Bitmap). 
  • Data Element (DE), adalah bit-bit yang berisi informasi yang sebenarnya pada transaksi itu sendiri. 
Sudah merasa lebih jelas ? Jika iya, mari kita lanjut ke pembahasan tentang MTI (Message Type Indicator).

SUMBER Referensi : http://martinusadyh.web.id dan wikipedia



Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.

2 komentar

saya mau bertanya, tahapan apa saja untuk bisa menguasai iso8583? seperti dasar pemogramannya sampai tingkat akhir? apakah di perkuliahan akan diajarkan materi ini? setau saya perkuliahan hanya mengajarkan fundamental atau basicnya saja.. irfandiarkovobosh@gmail.com ..

untuk di perkuliahan memang semua materi yang di ajarkan hanyalah basicnya saja, untuk lebih memperdalam lagi kita harus menguliknya sendri :)


EmoticonEmoticon