Saturday, September 28, 2013

Bitmap ISO 8583


Seperti yang sudah sedikit dibahas pada bab Tipe Message ISO 8583 didepan, komponen kedua dari Application Data yang terdapat dalam ISO 8583 ini adalah Bitmap. Apasih sebenarnya Bitmap ini ? Bitmap ini adalah sebuah komponen yang mempunyai panjang 16 karakter (atau lebih, tergantung apakah Secondary atau Tertiary Bitmap aktif atau tidak) dalam hexadecimal, dan nilai yang terdapat dalam bitmap ini digunakan untuk me-representasikan field atau Data Element keberapa yang aktif.

Sebuah message ISO 8583 kurang lebih pasti mempunyai satu bitmap yang biasa disebut sebagai Primary Bitmap, yang menandakan bahwa Data Element 1 sampai 64 aktif. Sedangkan Secondary Bitmap akan muncul jika Data Element 65 sampai 128 aktif, begitu juga untuk Tertiary/Third Bitmap digunakan jika Data Element 129 sampai 192 aktif walaupun jarang sekali sebuah message sampai menggunakan Tertiary Bitmap.

Bitmap ini bisa merupakan 8 bytes data binari ataupun 16 karakter hexadecimal dari 0-9, A-F pada ASCII atau EBCDIC karakter, sebuah field atau Data Element akan aktif jika nilai bitmap ini bernilai TRUE (ditandai dengan nilai 1). Sedangkan untuk field atau Data Element yang tidak aktif, akan bernilai FALSE (ditandai dengan nilai 0 [nol]) pada bitmap.

Agar lebih memudahkan penjelasan, sekarang mari kita masuk ke pembahasan yang lebih detail tentang bitmap pada sub-bab dibawah ini :

Cara Menghitung Bitmap

SUMBER Referensi : http://martinusadyh.web.id dan wikipedia

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon