Cara mudah menghindari pemblokiran Extension Adblock pada Browser di Website Youtube

Cara mudah menghindari pemblokiran Extension Browser Adblock di Website Youtube

Saat ini Youtube sudah memasang sebuah proteksi konten, dimana untuk para pengguna Youtube yang menggunakan Extension Adblock, Adblock Plus dan sebagainya di Browser tidak akan bisa memutar konten Video Youtube. 

Pada tahap awal pihak Youtube akan memberikan peringatan berupa papan peringatan yang menginformasikan kepada kita untuk mematikan Extension Pemblokiran Iklan. Lalu jika kamu mengabaikan peringatan itu sampai kurang lebih sebanyak 3x, maka Website Youtube akan memblokir kamu secara penuh, sehingga kamu tidak bisa menonton Video Youtube sama sekali. Namun pemblokiran penuh ini akan mati jika kamu mematikan Extension Pemblokiran Iklan di Browser kamu.

Bagi kamu pengguna Extension Pemblokiran Ikan (Adblock dan lainnya) jangan bersedih, untuk kamu yang memang tidak suka dengan iklan di Youtube, kamu dapat melakukan pemblokiran iklan tanpa harus terkena pemblokiran Youtube. 

Ada beberapa cara untuk untuk melakukan-nya :

  • Ubah DNS PC atau Laptop kamu ke AdGuard DNS (Free)
  • Ubah DNS Browser kamu ke AdGuard DNS (Free)
  • Gunakan Aplikasi AdGuard di PC atau Laptop (Paid)
  • Gunakan Extension AdGuard pada Browser (Free)
Dari beberapa cara di atas sebenarnya hanya ada satu solusi, yaitu AdGuard, namun caranya yang berbeda-beda. Saya akan coba bahas beberapa poin-nya secara rinci.

UBAH DNS PC ATAU LAPTOP KE ADGUARD

Caranya kurang lebih sebagai berikut (saya menggunakan cara ini di windows 11) :

Pertama
Buka aplikasi PowerShell pada windows kamu

Kedua
Jalankan perintah berikut :

netsh dns add encryption server=94.140.14.14 dohtemplate=https://dns.adguard.com/dns-query autoupgrade=yes udpfallback=no
netsh dns add encryption server=94.140.15.15 dohtemplate=https://dns.adguard.com/dns-query autoupgrade=yes udpfallback=no
netsh dns add encryption server=2a10:50c0::ad1:ff dohtemplate=https://dns.adguard.com/dns-query autoupgrade=yes udpfallback=no
netsh dns add encryption server=2a10:50c0::ad2:ff dohtemplate=https://dns.adguard.com/dns-query autoupgrade=yes udpfallback=no

Ketiga
Lengkapnya lihat disini :


UBAH DNS BROWSER KE ADGUARD

Pada contoh kali ini saya menggunakan Google Chrome 118.0.5993.88. Jika kamu menggunakan Browser yang berbeda dengan saya, sebenarnya caranya sama saja, yang berbeda hanya di letak menu DNS-nya saja.

Pertama
Masuk menu Settings > Privacy & Security > Security, kemudian scroll ke bawah, nanti kamu akan menemukan menu dengan nama : Use Secure DNS.

Kedua
Pilih opsi With, lalu pada pilihan combobox pilih opsi Custom, kemudian masukan Link DNS AdGuardnya ini https://dns.adguard-dns.com/dns-query. Kurang lebih seperti gambar dibawah ini :

Cara mudah menghindari pemblokiran Extension Browser Adblock di Website Youtube

Sebenarnya ada banyak pilihan untuk DNS AdGuard, yang ada di atas hanya link DNS yang umum di gunakan, selengkapnya bisa lihat disini : https://adguard-dns.io/en/public-dns.html


GUNAKAN EXTENSION ADGUARD DI BROWSER

Cara ini sangat mudah digunakan, untuk Browser Chrome, kamu tinggal masuk ke Chrome Web Store, lalu pasang extension AdGuard pada browser kamu, selesai.


Cara-cara diatas kamu dapat lakukan semua, saya pribadi menggunakan cara satu (Ubah DNS PC) dan cara tiga (Gunakan Extension AdGuard Browser). Semua itu tergantung keinginan masing-masing. Setelah menggunakan cara ini seharusnya kamu dapat menonton youtube tanpa iklan dengan lancar.

Kurang lebih sampai disini dulu untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih :)



0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama