Wednesday, December 17, 2014

Fitur Terbaru Dari WordPress 4.0.1

Wordpress Logo
WordPress adalah sebuah alat untuk blogging yang gratis dan terbuka (opensource), lebih tepatnya kita menyebut wordpress sebagai aplikasi Content Management System (CMS) yang berbasis PHP dan MySQL. WordPress sudah digunakan oleh lebih dari 23,2% dari 10 juta website pada Agustus 2013, pastinya pada tahun 2014 sudah lebih dari 23,2% (lebih meningkat dari tahun sebelumnya).
WordPress adalah sistem blogging yang paling populer dan lebih dari 60 juta website yang menggunakan wordpress sebagai cms websitenya.
Wordpress pertama kali di rilis pada tanggal 27 Mei 2003, oleh pendirinya, Matt Mullenweg dan Mike Little sebagai garpu dari b2 / cafelog. Lisensi di mana perangkat lunak WordPress dirilis adalah GPLv2 dari Free Software Foundation.

Berikut adalah penjelasan singkat seputar website, mungkin bisa memberi anda sedikit gambaran tentang apa itu yang namanya wordpress. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas seputar pembaharuan apa saja yang ada di wordpress versi yang terbaru (versi 4.0.1).


Ada beberapa hal yang berbeda dengan wordpress versi 4.0.1 ini, diantaranya adalah, sebagai berikut :
  • Pengelolaan media
Pengelolaan Media Gambar Pada Wordpress terbaru

Mengunggah media dengan indah. Ketika kita mengklik media gambar, maka sebuah rincian preview baru membuat tampilan dan anda bisa langsung memperbaharui setiap media dalam sekejap dengan jumlah yang banyak.

  • Embeds atau menempelkan

a wordpress yang terbaru ini anda bisa menempelkan sebuah video dari youtube. Caranya tempel url youtube pada baris baru, dan secara otomatis url tersebut akan menjadi sebuah video.

Wordpress bukan hanya mendukung embed singel video, selain itu wordpress mendukung embed sebuah CollegeHumor, playlist dari YouTube, dan talks dari TED.


  • Fokus konten

Fokus konten adalah salah satu fasilitas terbaru yang di berikan wordpress versi 4.0.1 ini. Anda dapat menulis dan mengedit dengan halus dan lebih mendalam dengan editor yang mengembang sesuai konten saat anda menulis, dan menjaga alat format tersedia setiap saat. Untuk memberjelas berikut adalah vedeo demo dari fasilitas fokus konten milik wordpress
  • Menemukan plugin yang tepat
Mencarari Plugin Wordpress

Ada lebih dari 30.000 plugin gratis (free) dan terbuka (opensource) di direktori Plugin WordPress. WordPress 4.0.1 membuatnya lebih mudah untuk menemukan yang tepat untuk kebutuhan anda. pada saat kita melakukan pencarian plugin, ada 3 hal yang telah wordpress perbaharui, diantaranya :
  1. Metrik baru,
  2. Meningkatkan pencarian, dan
  3. Pengalaman browsing yang lebih visual.

Mungkin tadi adalah beberapa perubahan yang di lakukan wordpress pada versi yang ke 4.0.1 ini, pastinya wordpress akan selalu berkembang dengan seiring berkembangnya teknologi. cukup sekian penjelasan dari saya, TerimaKasih.

#Referensi : Wordpress, Wikipedia

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon