Cara mudah memahami Array Method di Javascript seperti Push Unshift Pop Shift dan lainnya

Cara mudah memahami Array Method di Javascript seperti Push Unshift Pop Shift dan lainnya

Banyak sekali Array Method di Javascript, tentu bakal terlalu panjang jika dibahas semua, agar pembahasan tidak terlalu meluas, pada pembahasan ini saya akan membatasinya, berikut adalah poin yang akan saya bahas :

  1. Push
  2. Unshift
  3. Pop
  4. Shift
  5. Filter
  6. Map
  7. Join
  8. Concat
  9. Flat
  10. Slice

Kurang lebih ada 10 poin yang akan coba di bahas.Dipembahasan kali ini mungkin tidak akan terpaku pada koding, disini saya ingin coba memberikan gambaran dasar tentang bagaimana Array Method itu bekerja.

Push

Metode push() berfungsi untuk menambahkan item baru ke akhir array. Metode push() mengubah panjang array. Metode push() mengembalikan panjang array baru.

Unshift

Metode unshift() berfungsi untuk menambahkan elemen baru ke awal array. Metode unshift() akan menimpa array asli.

Pop

Metode pop() berfungsi untuk menghapus (memunculkan) elemen terakhir dari sebuah array. Metode pop() mengubah array asli. Metode pop() mengembalikan elemen yang dihapus.

Shift

Metode shift() adalah kebalikan dari unshift(), berfungsi untuk menghapus item pertama dari sebuah array. Metode shift() mengubah array asli. Metode shift() mengembalikan elemen yang digeser.

Filter

Metode filter() membuat array baru berisi elemen yang lolos pengujian yang disediakan oleh suatu fungsi.

Map

map() berfungsi untuk membuat array baru dengan memanggil fungsi untuk setiap elemen array. map() tidak menjalankan fungsi untuk elemen kosong. map() tidak mengubah array asli.

Concat

Metode concat() berfungsi untuk menggabungkan dua atau lebih array. Metode concat() mengembalikan array baru, yang berisi array yang digabungkan. Metode concat() tidak mengubah array yang ada.

Flat

Metode flat() berfungsi untuk menggabungkan elemen sub-array.

Slice

Metode slice() atau metode Irisan berfungsi untuk mengembalikan elemen yang dipilih dalam array, sebagai array baru. Metode slice() memilih dari awal tertentu, hingga akhir tertentu (tidak inklusif). Metode slice() tidak mengubah array asli.


Dari penjelasan diatas mungkin kamu masih merasa bingung untuk membayangkan bagaimana bentuk visual dari cara kerja metode-metode diatas. Agar lebih jelas saya akan coba memperlihatkan visualnya dalam bentuk gambar, mungkin dengan melihat gambar dibawah ini, kamu dapat membayangkan dengan lebih jelas.

Cara mudah memahami Array Method di Javascript seperti Push Unshift Pop Shift dan lainnya
This Image created by David Mraz (instagram : @davidm_ai)

Bagaimana? apa ada lebih banyak gambaran tentang Method Array diatas?

Mungkin cukup sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih :)



0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama