Cara mengakses handphone android seperti layaknya linux

Cara mengakses handphone android seperti layaknya linux


Cara mengakses handphone android seperti layaknya linux - Seperti yang kamu tahu, android adalah salah satu OS smartphone populer di dunia, mungkin diantara kamu ada yang masih belum tahu, bahwa OS android adalah OS yang berbasiskan linux, jadi secara garis besar kamu bisa menjalankan perintah-perintah yang ada dilinux pada android kamu, contohnya seperti menampilkan list direktori menggunakan perintah ls/ll/la, lalu untuk menampilkan data teks bisa menggunakan perintah cat dan lain sebagainya. Namun untuk perintah yang bisa di jalankan tidaklah semuanya didukung, namun untuk perintah dasar seperti yang tadi disebutkan masih bisa dilakukan. Untuk perintah linux yang agak advance saya belum coba semua.

Dengan bisa dijalankannya perintah linux pada android, ini memungkinkan kamu bisa menghapus software bawaan handphone yang tidak bisa dihapus atau yang biasa disebut dengan bloatware, seperti yang sudah saya bagikan di tulisan sebelumnya yang mana saya membahas seputar cara menghapus aplikasi bawaan handphone android tanpa root, bisa dibaca tulisannya disini : Tanpa Root! Cara menghapus aplikasi bawaan (bloatware) di handphone android secara permanen.

Untuk praktiknya kita membutuhkan sebuah tools yaitu adb, bisa di unduh disini :
Jika ADB sudah terpasang, masuk kedirektori tempat ADB terpasang, disini saya memasangnya di C:\adb. kemudian tekan SHIFT lalu KLIK KANAN,  lalu pilih opsi "Open PowerShell window here" atau "Open CommandPrompt window here". Bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Cara mengakses handphone android seperti layaknya linux

Maka akan muncul tampilan tayar hitam command prompt atau layar biru powershell. Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, hubungkan handphone kamu ke laptop atau komputer menggunakan USB, lalu pada opsi USB kamu pilih "Mode USB Data Transfer" Bukan "Mode USB Charging".

Jika sudah, pada jendela command prompt atau powershell kamu ketikan perintah berikut :

adb devices

Tujuannya untuk mengetahui device handphone kamu sudah terhubung atau belum ke komputer. Jika sudah terhubung, pada saat perintah dijalankan maka akan muncul seperti ini :

Cara mengakses handphone android seperti layaknya linux

Itu artinya handphone kamu sudah terhubung dengan komputer. Lalu perintah selanjutnya adalah ketikan :

adb shell

Jika sudah masuk di dalam adb shell kamu sudah bisa menjalankan perintah linux seperti cd, mkdir, ll, ls, la, rm, dan lain-lain. Banyak sekali perintah linux, disini kamu bisa explore sendiri mana-mana saja perintah yang bisa jalan di sana. 

Jika di pikir secara logika pastinya dari OS android sendiri akan membatasi penggunakaan perintah linuxnya, secara dari segi scopenya sudah berbeda, jika OS linux yang biasa itu dia berjalan diatas perangkat desktop yang mana akan lebih leluasa penggunaannya dibandingkan dengan android pada perangkat mobile, apalagi secara default kita tidak bisa mengakses user root dari perangkat android nya, kecuali kamu memang root terlebih dadulu handphone androidnya, tapi dengan melakukan root resikonya kamu akan kehilangan garansi dari provider hanphone kamu, ya itu pilihan.

Sebenarnya ada cara lain yang lebih sederhana untuk kita dapat menjalankan perintah linux di android, caranya kamu cukup mengunduh aplikasi terminal linux di playstore, sudah beres. Namun dengan aplikasi itu kamu tidak akan dapat melakukan penghapusan aplikasi bawaan yang ada dihandphone kamu, seperti yang sudah saya tulis di pembahasan sebelumnya.

Oke mungkin tulisan ini saya cukupkan sampai disini, semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kamu, bisa buka diskusi di kolom komentar jika memang ada yang kurang paham, saya usahakan akan membahasnya sesegera mungkin, terima kasih :)


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post