Seberapa pentingkah LiteSpeed pada server web dan aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah hosting?


Sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang Seberapa pentingkah litespeed pada server web dan aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah hosting?, mungkin alangkah baiknya jika kita mengenal sedikit apa itu LiteSpeed.

LITESPEED?
LiteSpeed sendiri dikembangkan oleh perusahaan yang bernama LiteSpeed Technologies Inc yang berbasis di New Jersey, USA. Kalo dilihat dari sejarahnya, perusahaan ini berangkat mulai dari tahun 2002, bisa di bilang ini adalah pemain baru jika kita bandingkan dengan Apache yang sudah berdiri dari tahun 1999, ya selisih 3 tahun, itu waktu yang cukup lama.

APA ITU?
LiteSpeed adalah sebuah server web yang memiliki kinerja yang tinggi dan di kelola langsung oleh LiteSpeed Technologies Inc. Jika kamu mengkolaborasikan LiteSPeed dengan Apache Web Server, Teknologi ini akan semakin baik tanpa harus mengubah konfigurasi, program, ataupun detail operasi sistem yang telah ada, bahkan tak perlu merusak apapun.

PERLUKAH INI?
Sepengalamanku, untuk sebuah web itu yang paling di prioritaskan itu adalah kecepatan yang utama. Karna makin cepat web kita terbuka akan semakin baik. Saya pernah baca sebuah survey, untuk sumbernya saya agak lupa, tapi menurut ku ini survey dari sumber yang bisa di percaya, dimana kesimpulan dari hasil survey itu berbunyi seperti ini, "pengunjung web akan betah berada di sebuah web yang dapat terbuka kurang dari 10 detik" dari kesimpulan survey tersebut kita dapat simpulkan lagi, bahwa kecepatan itu juga penting dalam sebuah web di luar kontennya yang harus bagus.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA?
Untuk litespeed sendiri kamu bisa dapatkan mulai dari 10 - 92 dolar/bulannya, tergantung kebutuhan kamu apa. Tapi untuk kamu yang ingin mulai nulis di blog atau ini juga berlaku bagi kamu yang ingin membangun web untuk kebutuhan usaha atau yang lainnya, kamu tidak perlu di pusingkan dengan harus membayar sekian dolar agak bisa mendapatkan LiteSpeed. Caranya gimana? Sederhananya kamu tinggal cari saja tempat hosting yang sudah menyediakan LiteSpeed didalamnya.

LALU DARI SEGI ASPEK, APA SAJA YAG PERLU DI PERHATIKAN DALAM MEMILIH SEBUAH WEB HOSTING?
Diluar kecepatan, ada yang pelu kita perhatikan, salah satunya SERVER UPTIME, tidak selamanya yang namanya hosting itu akan selalu UP, pasti akan ada yang namanya DOWN, penyebabnya bisa karna kehabisan resource bandwith dan lainnya, oleh karena itu pada bagian ini kita sangat memerlukan hosting yang memiliki server uptime yang cepat.

Berkaitan dengan SERVER UPTIME, dimana salah satu penyebab yang membuat server kita DOWN itu adalah karna kehabisan resource bandwidth, pada bagian ini pun kamu perlu sebuah hosting yang menyediakan unlimited bandwidth sehingga tidak akan ada acara web kamu down karna kehabisan bandwidth.

Sebenarnya banyak aspek lain yang perlu dipertimbangkan, seperti DISK SPACE (Storage), Free SSL, Free Domain dan banyak lagi, tapi lainnya tidak terlalu penting, untuk fokus pada performa web aspek diatas sudah lebih dari cukup untuk bahan pertimbangan memilih sebuah web hosting. Dan sekarang pun sudah banyak penyedia layanan jasa web hosting murah yang kamu bisa jangkau tapi dengan kualitas yang tidak murahan, salah satu yang rekomendasi adalah Niagahoster.

Mungkin untuk tulisan kali ini saya cukupkan sampai disini dulu, semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kamu dalam hal memilih sebuah web hosting, terima kasih.



============================
Artikel ini disponsori oleh NiagaHoster 
niagahoster

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post