Cara mereplace semua karakter (replaceAll) dengan javascript


Lama tak posting, terakhir saya posting itu bulan sembilan tanggal dua puluh dua (22-09-2017). Pada postingan kali ini saya ingin seikit membahas tentang cara mereplace semua karakter dengan javascript. Pembahasan ini cukup sederhana tapi semoga bermanfaat.

Pada dasarnya untuk melakukan replace di javascript kita hanya perlu menggunakan fungsi replace(), cuma fungsi itu saya rasa masih punya sedikit kekurangan, kekurangannya adalah, dia hanya akan mereplace 1 karakter saja, sedangkan dalam kasus lain, ketika kita ingin mereplace semua karakter fungsi itu tidak bisa kita gunakan, karena ya itu tadi, dia hanya bisa mereplace 1 karakter saja.

Disini kita akan coba mengatasi masalah tersebut, saya membuat fungsi sederhana yang dapat digunakan untuk mereplace semua karakter. Fungsiya kurang lebih seperti ini

String.prototype.replaceAll = function(search, replacement) {
    var target = this;
    return target.split(search).join(replacement);
};

Untuk penggunaannya cukup ketikan sintak seperti ini

dataku.replaceAll(search, replacement);

Agar mudah dipahami kita akan buat kasus sederhana, misal kita punya data angka seratus juta (100.000.000) pada data ini terdapat sebuah titik, titik tersebut kita tidak ingin kita simpan kedalam database. Otomatis untuk melakukan hal itu kita perlu melakukan filter terlebih dahulu agar data yang nanti disimpan menjadi seperti ini (100000000), tanpa titik.

Disini kita akan coba implementasikan fungsi replaceAll() yang saya buat untuk memfilter data tersebut sehingga titik pada data tersebut hilang.

Untuk sintak lengkapnya kurang lebih seperti ini


Untuk hasilnya kamu bisa cek lewat console.log() atau alert. Mungkin postingan ini saya cukupkan sampai sini dulu, semoga bermanfaat yah :)

Tschuss!!!

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama