Thursday, August 15, 2013

Konsep Dasar Menggunakan CodeIgniter


Cahya Dyazin - Ketika kita belajar CodeIgniter, Dalam folder CodeIgneter, terdiri dari 3 folder, "application" ini folder untuk developer yang nanti kita akan rubah atau obrak-abrik, "system" berisi library atau kumpulan fungsi-fungsi dasar CodeIgniter, dan "user_guide" berisi tuntunan semacam help-nya.
Kalau sudah dicopy, tinggal akses "localhost/codeigniter" dan kalau berhasil maka akan muncul halaman selamat datang. Ini merupakan kesksesan Anda, jika belum silahkan coba ulangi langkah-langkahnya.

    Tampilan Sukses Install CodeIgniter



 Untuk mengubah pesan diatas, kita bisa masuk ke folder codeigniter/application/views/welcome_message.php disitu Anda bisa mengubahnya secara bebas dengan kata-kata sendiri, silahkan dicoba dan wajib dicoba.
    Selanjutnya kita akan menjelaskan cara kerjanya.

Pertama tentu akan membaca index.php di bawah folder codeigniter, kemudian index.php tersebut akan membaca file yang ada di config, seperti application/config/autoload.php yang akan me-load fungsi-fungsi sesuai konfigurasi (kalau install pertama, file ini tidak me-load file atau masih kosong).

Selanjutnya akan membaca file application/coonfig/route.php yang akan memetakan kemana file selanjutnya dibaca (menunjuk controller apa yang akan dibaca pertama), pertama install controller yang pertama kali dibaca adalah application/controller/welcome.php dan dari controller tersebut akan dilempar ke view di application/views/wecome_message.php.

Ingat konsep MVC pada Codeigniter, dalam hal ini M (model) belum ada, sedangkan V (views) adalah "application/views/wecome_message.php" dan C (controller) application/controller/welcome.php

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon