Friday, September 22, 2017

Cara mudah mendaftarkan variabel di linux agar tidak melulu export

Cara mudah mendaftarkan variabel di linux agar tidak melulu export

Saat ini saya memakai Linux:ubuntu 16.04, kasus ini saya alami pada saat ingin menjalankan aplikasi android saya yang bebasis cordova, pada saat itu saya harus terus-terusan melakukan export variabel ANDROID_HOME sebelum saya melakukan cordova run android.

Walau cuma satu itu saja, tapi agak ribet saja kalau tiap kali mau menjalankan aplikasi cordova, saya harus mengekport variabel ANDROID_HOME. Karena di windows sendiri itu tak selalu terus-terusan diketik, cukup didaftarkan di environment variabel sekali udah beres.

Nah disini saya ingin berbagi bagaimana caranya agar tidak melulu export variabel seperti yang sudah dijelaskan di atas. Caranya adalah sebegai berikut :

Pertama
Buka terminal

Kedua
Jalankan perintah berikut pada terminal :

sudo gedit ~/.bashrc

Disini saya mengedit file .bashrc dengan menggunakan gedit, diluar itu kamu bebas menggunakan apa saja, bisa itu nano, vim atau apalah.

Ketiga
Masukan variabel kamu tepat dibaris paling bawah, jangan lupa kasih komentar sebagai penanda, contohnya seperti ini :

# export-path-android-sdk
export ANDROID_HOME=/home/kang/Android/Sdk
# end-export-path-android-sdk

Pada contoh diatas saya mengekport variabel ANDROID_HOME, lalu untuk penulisan komentar diawali dengan simbol hashtag (#). (jangan lupa disave setelah itu)

Keempat
Jika sudah, sekarang kita bisa langsung menjalankan perintah (cordova misalnya), tanpa harus melakukan export variabel dahulu.

Mungkin tulisan ini saya cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat yah. Jika ada kurang tak perlu sungkan untuk mengoreksi, karena disini saya pun masih sama-sama sedang belajar :)

Tschüß, vielen dank.

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon