Tuesday, December 16, 2014

Menangani Akun Hosting Yang Terkena Malawere

Menangani Akun Hosting Yang Terkena Malawere
Malware adalah Perangkat perusak berasal dari kata malicious dan software adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah ‘virus computer’ terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus). Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda Troya (Trojan horse), kebanyakan kit-akar (rootkit), perangkat pengintai (spyware), perangkat iklan (adware) yang takjujur, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan.
Diambil dari wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Malware
  • Penyebab
Pada umumnya malaware ini di sebabkan karena interaksi komputer kita yang mengandung malaware (virus) dipakai untuk melakukan koneksi ke dalam hosting melalui FTP atau login ke panel hosting, sehingga skrip malawere tersebut menginjek beberapa file yang ada pada website kita.

Biasanya google akan melakukan scanning (crawling) pada website tersebut, lalu kemudian jika google sudah menemukan malawere tersebut maka google akan memberi sebuan notifikasi pada pengunjung website bahwa terdapat malawere di website tersebut.

Selain itu biasanya dari prihak provide akan mengirimkan sebuah email notifikasi, bahwa pada akun hosting anda terdapat sebuah malawere, dan pihak hosting akan langsung meng-suspend akun tersebut sebagai langkah pencegahan agar malawere tersebut tidak akan menyebar.

  • Solusi
Didalam sebuah masalah pasti selalu ada sebuah solusi, begitupun dengan kasus yang satu ini. ada beberapa solusi untuk kasus yang satu ini, diataranya sebagai berikut :
  1. Membersihkan komputer yang suka di pakai untuk melakukan remote FTP atau login ke panel hosting. pakailah antivirus terupdate.
  2. Melakukan pembersihan script malawere pada script web anda. Lalu me-reset konten website yang terkena malawere. Web yang terkena malawere tidak menutup kemungkinan akan terserang kembali jika yang di bersihkan hanya script yang terinfeksinya saja.
  3. Minta review pada pihak www.stopbadware.org
  4. Minta review pada pihak google webmaster, cara-nya adalah cukup dengan mendaftarkan website anda pada google web master (http://google.com/webmasters/tools) lalu setelah terdaftar, anda masuk ke menu Overview ,klik menu Review Site.
Dalam waktu 2 x 24 Jam, pihak stopbadware.org akan mereview website anda dan jika website anda memang sudah bersih dari malware/badware maka mereka akan menghubungi google, setelah itu Google akan melakukan review secara langsung. Setelah mereka menyatakan website anda benar-benar bersih maka Label Badware/Malware dalam SERP Google akan segera di hilangkan, lama proses penghapusan Label ini membutuhkan waktu 2×24 jam.

Pencegahan Malware Secara Online (hanya berlaku utk websitenya) :

  1. http://www.unmaskparasites.com
  2. http://sitecheck.sucuri.net/scanner/
  3. https://www.virustotal.com/#url
  4. http://www.avg.com.au/resources/web-page-scanner/
  5. http://online.us.drweb.com/?url=1
  6. http://vms.drweb.com/online/
Mungkin cukup sekian artikel seputar malawere pada hosting kali ini. Semoga bermanfaat :)


Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon