Thursday, July 24, 2014

Ciri-Ciri Website Penipu Online Atau Scam

url website di internet : Ciri-Ciri Website Penipu Online Atau Scam
Ciri-Ciri Website Penipu Online Atau Scam - Situs web ( dalam bahasa inggris : website ) atau yang biasa di singkat dengan nama situs, adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik pembahasan yang saling terkait, dan kadang situs juga suka menyertakan berkas berupa gambar, musik, video, dan berkas yang lainnya. Sekarang saya akan membahas tentang ciri-ciri website penipuan ,atau yang biasa di sebut dengan SCAM.

Apa Itu SCAM ? 
Scam Adalah perbuatan merugikan bagi orang asing yang datang ke suatu tempat. Tempat yang di maksud di sini adalah sebuah website.
 Bagaimana sekarang sudah paham-kan ?

Website penipuan atau scam bukanlah sebuah hal yang baru di indonesia, bahkan sudah banyak sekali orang yang jadi korban. Hal ini disebabkan karena kurang-nya pengetahuan akan sebuah teknologi dan hal ini dimanfaatkan oleh para penipu. Cara mencegah agar anda tidak terjebak oleh website penipu atau scam, berikut adalah ciri website penipuan yang dapat anda lihat.
  • Nama Website Dan Domain
URL website
Ciri-ciri pertama yaitu nama website. terkadang nama dan domain website ini terkadang luput dari perhatian,tetapi itu akan sangat berakibat fatal. contoh kasus-nya adalah seperti yang pernah terjadi pada nama website klikbca yang di plesetkan menjadi klickbca (Sekarang sudah ditutup) ,selain diplesetkan, bahkan tampilannya pun sangat mirip 100%, dan pada kejadian itu sangat banyak memakan korban.

Sedangkan untuk nama domain, biasanya website penipu atau scam suka memakai website yang murah atau domain gratis. Di indonesia domain yang biasa digunakan oleh perusahaan atau bisnis online adalah yang berextensi dot co dot id ( .co.id ) .
Logo Pandi Id
Sekarang pemerintah telah bekerja sama dengan komunitas internet indonesia dan telah membuat sebuah organisasi " Pengelolaan Nama Domain Internet Indonesia " atau yang biasa disingkat dan biasa kita kenal dengan nama Pandi ,anda juga bisa berkunjung langsung ke website resminya yang beralamatkan di www.pandi.or.id .Pada saat pendaftaran domain yang ber-extensi dot co dot id ( .co.id ) ,perusahaan atau bisnis online harus memiliki dokumen yang lengkap seperti SIUP, AKTE, NPWP dan dokumen pendukung lainnya, yang nanti akan di lampirkan ketika akan membuat domain yang ber-extensi dot co dot id ( .co.id ) .

Lalu Bagaimanakah cara mengetahui detail identitas di balik sebuah nama website ?

Tenang saja, itu masalah gampang, untuk mengetahui detail identitas sebuah domain ,anda bisa mengeceknya disini Domain Tools atau Whois yang nanti dimana tool tersebut akan memberikan informasi lengkap seputar nama pemilik, tanggal dibuat, alamat, email, dan informasi lainnya.
  •  Tampilan Website
Tampilan website indomaret
Ciri-Ciri yang kedua adalah dari tampilan website. Jika tampilan sebuah website tidak bagus atau berantakan, anda pastinya sudah menilai, apakah website itu penipuan atau bukan. Jika tampilan website bagus, selanjutnya anda tinggal menginvestigasi halaman menu About Us dan jejaring sosial yang dimiliki website tersebut. Biasa pada halaman menu about us suka terdapat informasi tentang website, latar belakang, dan tujuan website tesebut. Sedangkan untuk jejaring sosial anda bisa menginvestigasi kapan aktivitas terakhir atau kapan jejaring sosial itu aktif dan bagaimana interaksi dengan penggunanya.

 Selain itu jangan mudah di tipu dengan gambar-gambar TESTIMONI yang ada pada website, karena semua itu bisa di buat-buat yang telah di manipulasi menggunakan software editing gambar seperti Adobe Photoshop,Gimp dan lainnya. Jika terdapat gambar testimoni yang berasal dari jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, Anda dapat melakukan investigasi akun jejaring sosial dengan mencari akun jejaring sosialnya dan mencocokkan dengan gambar testimoni pada website.
  •  Keamanan Website
URL secure facebook
Ciri-ciri ketiga yang patut di waspadai adalah keamanan website, khususnya adalah seperti website jual beli dan e-commerce. pada saat membuaka website dan tidak terlihat icon gembok yang ada pada address bar browser seperti gambar di atas, anda harus berpikir dua kali untuk mengakses website tersebut. icon gembok ini menunjukan bahwa keamanan website itu telah terverifikasi dan komunikasi data pada website tersebut telah di enkripsi, keamanan tersebut biasanya menggunakan sebuah https bukan http ,coba anda perhatikan pada gambar URL facebook di atas, S pada http itu artinya Secure.
HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.
Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma. (#wikipedia)
Halaman Login Nasabah Bank BCA
Untuk melihat keamanan website, yaitu dengan melihat bagian bawah atau footer sebuah website, biasanya suka terdapat logo-logo penyedia keamanan yang di gunakan website tesebut. Anda bisa lihat gambar tampilan login pada website BCA, lihat pada bagian yang di beri tanda merah, salah satu contohnya adalah itu.

Saya punya contoh salah satu situs yang saya curigai sebagai website penipuan atau scam, anda patut mewaspadainya. Website ini memiliki tampilan yang sama persis seperti facebook, sewaktu saya lihat pada keterangan website tersebut, gunanya adalah untuk pembatalan pemblokiran akun facebook.
Anda bisa melihat websitenya langsung disini : www.pembatalanpemblokiran.altervista.org .

Contoh Website Penipu atau SCAM

















Semoga Informasi Ini Bisa Membantu dan bermanfaat buat anda, saya selaku admin mohon maaf jika ada kesalaan dan kekurangan yang saya buat, sebelumnya saya ucapkan terimakasih.



Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon