Tuesday, January 8, 2013

Cara Kerja Search Engine

Cara Kerja Search Engine
Setelah pada pembahasan sebelumnya kita telah berkenalan dengan search engine ,maka sekarang saatnya kita mengulik tentang bagaimana cara kerja dari sebuah search engine atau mesin pencarian. 

Cara kerja sebuah search engine adalah dengan menyimpan informasi tentang halaman langsung dari world wide web (www). Kemudian halaman ini di ambil dari crawler-web browser,  setelah itu crawler-web browser secara otomatis akan mengikuti link yang di lihatnya. Isi setiap halaman kemudian akan di analisis untuk di tentukan cara pengindeksannya. Cara pengindeksan dapat menggunakan kata-kata dari judul, subjudul, atau tempat khusus yang disebut META TAG. Data tentang halaman web tersebut di simpan dalam sebuah database indexs dan kemudian akan digunakan dalam pencarian selanjutnya. Mesin pencarian seperti google akan menyimpan sebagian atau seluruh halaman sumber (cache) maupun informasi tentang halaman web itu tersendiri.

Jadi ketika seorang pengguna melakukan pencarian dengan memasukan kata kunci pada mesin pencarian, maka mesin pencarian akan mencari pada indexs yang dimilikinya dan kemudian akan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai atau mendekati kriteria yang di cari.

Pada umumnya hasil pencarian akan di sertai dengan ringkasan singkat mengenai judul dokumennya dan terkadang sebagian textnya.

Manfaat mesin pencarian ini bergantung pada relevansi dari hasil-hasil yang diberikan. Meskipun ada jutaan halaman web yang mengandung satu kata kunci atau frasa yang dicari, mungkin hanya ada sebagian halaman web yang relevan dan populer dari pada yang lain. Pada umumnya mesin pencarian menggunakan banyak metode untuk menentukan perangkat hasil pencarian agar memberikan hasil yang terbaik pada posisi paling awal. Metode yang digunakan untuk menentukan hasil yang terbaik akan berubah seiring perkembangan internet dan munculnya teknik-teknik yang baru.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara mesin pencarian tersebut memperoleh pendapatan untuk mengembangkan perusahaan mereka ?
Sebagian besar mesin pencarian web merupakan usaha komersial, dimana pendapatan di tentukan oleh perolehan iklan. Pengiklanan akan menempatkan produknya pada situs-situs yang di kunjungi pengguna.

Mungkin cukup sekian dari saya. Mohon maaf jika ada kesalahan didalam penyampaian-nya. Terimakasih.

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon