Tuesday, January 8, 2013

Berkenalan Dengan Search Engine Atau Mesin Pencarian

Berkenalan Dengan Search Engine Atau Mesin Pencarian
Perkembangan search engine atau mesin pencarian komputer yang sangat pesat berpengaruh pada penyediaan informasi dan perangkatnya. Kecepatan pergerakan informasi ini dapat berakibat baik dan buruk. Sebagai contoh "Berita kenaikan BBM memicu masyarakat untuk berbondong-bondong membeli BBM, sehingga menyebabkan sebuah antrian yang panjang" atau mungkin kita ambil salah satu contoh lain, misalnya gempa bumi di china dapat segera di ketahui oleh seluruh penduduk dunia, sehingga dapat segera di beri pertolongan karena cepatnya informasi.

Internet merupakan salah satu media penyedia informasi terbesar di dunia. Melalui internet, berbagai informasi dari segala penjuru dunia dapat di akses hanya dalam hitungan detik. Selain itu, internet dapat juga di manfaatkan sebagai media pembelajaran jarak jauh atau yang biasa kita kenal dengan E-LEARNING.

Pengembang web merasa tertantang untuk membantu pengunjung dalam mencari informasi yaitu dengan membangun web yang berisi berbagai macam informasi seperti alamat situs, dokumen, informasi cuaca dan lain sebagainya.Oleh karena itu, dikembangkan sebuah situs pengumpul informasi yang di kenal dengan nama search engine atau mesin pencarian yang dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati internet. Dalam perkembangannya, kini telah banyak pengembang mesin pencarian.

Berikut adalah beberapa mesin pencarian yang mungkin anda anda ketahui :
Apakah yang dimaksud dengan mesin pencarian itu ?
Mesin pencarian atau search engine adalah sebuah program yang membantu atau memudahkan pencarian dokumen dengan kata kunci tertentu dan memberikan hasil sekumpulan dokumen dimana kata kunci tersebut ditemukan.

Search Engine google

Mesin pencarian yang menerapkan robot pencarian ini berbeda dengan teknik pencarian yang di dukung dengan satu sistem database. Mesin pencarian akan memberikan beberapa keuntungan,antara lain :
  1. Mepermudah penggunaan dalam pencarian informasi yang ada di situs tersebut.
  2. Membantu mencari artikel, dokumen, film, gambar, jurnal dan lain-lain.
  3. mencari alamat situs suatu software atau web untuk download, serta menemukan alamat situs dari suatu lembaga.
Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya, mohon maaf jika ada kekurangan di dalam penyampaiannya. Terimakasih :)

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon