Monday, February 22, 2016

Cara mengatasi "error mointing" di ubuntu ?


Beberapa waktu lalu saya ngalamin error mounting, kejadiannya berawal waktu saya coba install dual boot klabrasi antara windows dan ubuntu. Untuk dual bootnya saya pakai win 10, dan ubuntu 15.10. Pada saat melakukan setting dual boot, pertama saya coba install windows terlebih dahulu, lalu setelah install windows saya langsung lanjut menginstall ubuntu nya. Lalu setelah instalasi ubuntu selesai, saya coba menyesuaikan pengaturan ubuntu sesuai keinginan. Tak sengaja saya klik salah satu partisi drive yang telah saya atur pada saat install windows, kurang lebih errornya seperti gambar diatas. Akibat error itu saya jadi tidak bisa mengakses beberapa drive saya. yang bisa di akses hanya drive bawaan ubuntu saja.

Beberapa menit saya coba cari wangsit, tanya sana dan tanya sini. Akhirnya nemu juga cara memperbaiki masalah itu.

Simak langkah-langkah berikut ini :

  • Buka terminal.
  • Ketik sudo ntfsfix /dev/sdaN .
  • Masukan kata sandi, lalu tunggu sampai proses selesai.

Keterangan :
N pada perintah di atas kamu bisa ganti dengan nomor sda yang mengalami error mounting. Nomor sda tertera pada notif error mounting. Jika bingung, perhatikan gambar error di atas. Error di atas terletak pada sda3 . Gimana ? mudah kan :)

Terkadang cara di atas ada yang tidak langsung berhasil. di karenakan ada beberapa pengaturan di windows yang harus di atur.

Berikut caranya :

  • Masuk ke windows
  • Lalu masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Power Options > System Setting > Choose what the power buttons do 
  • Kemudian uncheck pada bagian the Turn on fast startup box
 
    Cara mengatasi "error mointing" di ubuntu ?

    Lalu setelah pengaturan ini telah selesai di atur, coba lagi lakukan cara di atas pada sda yang masih belum berhasil di mouning.

    Danke,
    Tchus, bis bald. :)

    Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


    EmoticonEmoticon