Monday, March 23, 2015

Cara Optimasi Seo Off Page Pada Blog Sendiri

Cara Optimasi Seo Off Page Pada Blog Sendiri

SEO OFF PAGE adalah sebuah proses optimasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink dan mempromosikan web. Jadi inti dari seo off page adalah mencari backlink dan promosi. Jika keduanya di lakukan dengan baik, maka akan menuai hasil yang baik juga.
Backlink berasal dari dua kata yaitu back dan link, back artinya kembali atau tautan balik dan link berarti alamat sebuah situs. Jadi backlink adalah sebuah jalinan antara suatu situs dengan situs lain yang berupa umpan balik.
 Manfaat dari optimasi seo off page itu sendiri adalah :
  • Meningkatkan trafik blog;
  • Mendapatkan rangking;
  • Menambah sumber lalu lintas, dan;
  • Blog menjadi terkenal.
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk optimasi seo off page ini, di antaranya :
  • Social Media
Jika anda mempunyai facebook, twitter, atau google plus, anda bisa memakai akun tersebut sebagai sarana untuk mempromosikan blog anda. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk menjaring trafik, dan yang perlu anda lakukan perbanyaklah pertemanan atau follower. Dengan begitu kemungkinan visitor yang di dapat akan lebih banyak.
  • Bekomentar
Berkomentar adalah salah satu bagian dari optimasi seo off page. Tetapi yang sekarang jadi pertanyaannya, bentuk komentar apakah yang di maksud ?

Ada beberapa cara berkomentar yang saya sering lakukan untuk mengoptimalkan seo :
  1. Berkomentar di forum-forum online yang ada di media sosial ataupun bukan. Caranya pada saat anda berkomentar, anda dapat menyisipkan link blog anda.
  2. Berkomentar pada blog orang lain. Caranya hampir sama dengan berkomentar pada forum online. Anda hanya cukup menanggapi atau memberi komentar pada pstingan blog yang sedang anda buka.
Note : Untuk berkomentar di forum, sisipkan lah link yang relevan dengan masalah atau pertanyaan yang di ajukan.
  • Bertukar Link
Bertukar link adalah salah satu cara dalam optimasi seo off page, Saya sering sekali melakukan hal ini. Link Exchange adalah istilah populer di kalangan blogger. 
Link Exchange == Bertukar Link  
Contoh halaman link exchange : Lihat Halaman
  • Sosial Bookmark / web direktori
Pada dasarnya sosial bookmark tidaklah berbeda dengan bookmark yang terdapat pada browser seperti firefox, opera mini ataupun chrome. fungsinya yaitu untuk menyimpan sebuah url halaman web yang di anggap menarik.

Berikut adalah beberapa contoh situs sosial bookmark :
  1. http://www.jumptags.com/ 
  2. http://www.stumbleupon.com/ 
  3. http://www.digg.com/ 
  4. http://www.mister-wong.com/ 
  5. http://blinklist.com/ 
  6. http://delicious.com/ 
  7. http://www.mixx.com/
  8. https://www.lintas.me/
  9. http://melintas.net/

Sebenarnya masih banyak cara lain, tetapi cukup sekian materi optimasi seo off page yang bisa saya bagi. Sekedar catatan, untuk optimasi seo off page jangan terlalu sering di lakukan. Karena resikonya blog anda akan di anggap spam oleh google, dan hati-hati dengan yang namanya google sandbox. :-). Soalnya dulu saya pernah mengalaminya sendiri :) hehe.

Disarankan satu atau dua minggu sekali untuk melakukan optimasi seo off page.

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon