Saturday, September 28, 2013

Testing ISO 8583


Coba baca terlebih dahulu dua artikel di bawah ini....
  1. Script Aplikasi Server
  2. Script Aplikasi Client

Pembuatan aplikasi server dan client sudah selesai dilakukan, sekarang langkah terakhir yang harus kita lakukan yaitu adalah mencoba untuk menjalankan kedua aplikasi tersebut. Sekarang jalankanlah dahulu aplikasi server-nya dengan cara klik kanan pada file ServerISO.java kemudian pilihlah Run Dan jika tidak ada pesan kesalahan, maka pada pallete output NetBeans akan muncul tulisan seperti dibawah ini :

Jika sudah menjumpai tampilan seperti diatas, sekarang jalankan-lah file ClientISO.java dengan cara klik kanan kemudian pilih menu Run. Jika tidak pesan kesalahan, maka pada sisi client akan muncul tulisan seperti dibawah ini :

Dan kita juga bisa melihat respon yang diberikan server ketika terjadi request dari client dengan melihat tampilan output-nya yang kurang lebih seperti dibawah ini :

Sampai disini, proses request / response telah terjadi dengan baik antara sisi server dan sisi client :) Bagaimana ? tidak susah bukan ? Nah pada bab selanjut-nya, kita akan membahas salah satu library di Java yang sudah meng-otomatisasikan proses-proses yang telah kita lakukan secara manual diatas.

SUMBER Referensi : http://martinusadyh.web.id dan wikipedia

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon