Memahami struktur dasar dokumen html

                   
Memahami struktur dasar dokumen html

HTML adalah kependekan dari dari Hyper Text Markup Language, yaitu artinya tata cara penulisan yang di gunakan dalam dokumen WEB.

Pada dasarnya setiap dokumen atau file yang disimpan secara default atau secara otomatis akan di berikan sebuah extention, misalnya pada dokumen yang di edit menggunakan microsoft word, ketika di simpan akan mempunyai extention .DOC, untuk dokumen yang di simpan dengan menggunakan format HTML, maka pada tiap dokumen yang di simpan harus di tambahkan sebuah akhiran .HTM atau .HTML . Karena pada dasarnya tiap dokumen html dapat di eksekusi pada sebuah browser seperti internet explorer yang di dalamnya dapat mengenali extention .htm atau .html.

Dokumen yang di buat dengan html, terdiri dari beberapa elemen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya untuk membentuk suatu dokumen html yang utuh. Elemen yang di perlukan untuk membentuk suatu dokumen html yang utuh antara lain adalah dokumen html, elemen head, elemen title, elemen body, yang masing-masing elemennya di apit oleh sebuah tanda dilimeter yang sering di sebut dengan TAG.

Delimeter yang di gunakan adalah tanda kecil atau < dan tanda besar atau > secara utuh sintaks dari elemen atau tag html ditulis sebegai berikut :

<nama elemen>

Misalnya :

<html>

Setiap elemen atau tag dalam dokumen html harus selalu di akhiri dengan tag penutup untuk menghindari terbukanya informasi dalam sebuah tag html. Untuk mengakhiri elemen atau tag dalam senuah dokumen html, di butuhkan sebuah tanda atau delimeter tambahan, yaitu dengan menambahkan tanda Backslash atau / . Secara utuh sintak untuk elemen atau tag penutup adalah sebegai berikut :

</nama elemen>

Misalnya :

</html>

Elemen yang terdapat dalam sebuah dokumen html terbagi atas beberapa bagian, yaitu selection head dan selection body. selection head berfungsi untuk menampilakan informasi pada jendela browser yang terdapat pada sebuah dokumen html. Biasanya informasi yang di tampilkan pada jendela browser berupa isi/informasi yang terdapat pada tag title, Misalnya <title>isi informasi </title>. sedangkan selection body untuk menampilkan informansi yang dapat di tampung pada selection body, Misalnya text, paragraph, dan lain-lain.

secara utuh struktur dokumen dan elemen pendukungnya dapat di tulis sebagai berikut :

<html>
<head>
    <title>...isi dari title...</title>
</head>
    <body>
    ...isi/informasi yang akan di tampilkan pada browser web...
    </body>
</html>


0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama