Cara memperbaharui password MYSQL di ubuntu server akibat lupa dengan menggunakan terminal

Cara memperbaharui password MYSQL di ubuntu server akibat lupa dengan menggunakan terminal

Saya ingin berbagi sedikit pengalaman kepada kamu soal cara mengubah password MYSQL, lantara waktu itu saya tiba-tiba lupa passwordnya, bahkan sepat beberapa kalo akibat update, si pasword MYSQL tiba-tiba berubah sendiri, sehingga saya susah buat masuk ke Databasenya. 

Nah topik yang saya akan bahas adalah cara menyelesaikan masalah di atas, awalnya saya pun merasa bingung bagaimana caranya masuk ke MYSQL sedangkan saya sendiri lupa paswordnya, rada sedih memang, karna yang buat saya sedih bukan hanya itu, ada juga koneksi internet yang cukup lamban sehingga prosesnya jadi tambah lama, menyebalkan.

Sebenarnya cara ini bisa dipakai di luar Ubuntu Server, cuma memang kebetulan saja pas waktu itu saya mengalaminya di ubuntu server. Mungkin cara ini sama dan bisa di terapkan pada OS yang berbasiskan Ubuntu atau Debian. Oke mari kita langsung saja ke pembahsannya.

Langkah pertama, edit file my.cnf dahulu, jalankan perintah dibawah

	sudo vim /etc/mysql/my.cnf

Langkah kedua, tambahkan kode dibawah ini di baris paling bawah, terus simpan. Kode dibawah ini berfungsi untuk melakukan By Pass saat kita akan masuk ke MYSQL. Lalu setelah kita bisa masuk nanti, kita akan melakukan update pada tabel user dan memperbaharui password user root-nya si MYSQL.

	
    	[mysqld]

		skip-grant-tables
    

Langkah ketiga, restart duu mysqlnya, bisa jalankan perintah dibawah

	sudo service mysql restart

Pada tahap ini saya mendapati sebuah error, yang mana si MYSQL-nya tidak dapat di restart, kurang lebih pesan errornya seperti ini :

	mysql.serviceJob for mysql.service failed because the control process exited with error code.

Cara memperbaiki error ini cukup mudah, kamu cukup jalankan saja perintah dibawah ini satu per satu :

	/etc/init.d/mysql stop
	service mysql stop
	killall -KILL mysql mysqld_safe mysqld
	/etc/init.d/mysql start
	service mysql start

Langkah keempat, kita akan mulai masuk ke MYSQL nya, jalankan perintah dibawah:

	mysql -u root

Langkah kelima, pilih database mysql, dengan perintah berikut:

	use mysql

Langkah keenam, jalankan perintah berikut, lalu lihat di sana, untuk menentukan apakah kolom password berisi password atau authentication_string:

	select * from mysql.user where user = 'root';

Jika iya, langkah ketujuh, kita akan mengupdate password user rootnya, jalankan perintah dibawah ini, tapi sebelum itu, ganti tulisan "your_new_password" menjadi password yang kamu inginkan.

	UPDATE mysql.user set *password_field from above* = PASSWORD('your_new_password') where user = 'root' and host = 'localhost';

Langkah kedelapan, jalankan perintah ini, jika sudah langsung exit aja jadi mysql dengan menjalankan perintah exit.

	FLUSH PRIVILEGES;
	exit

Langkah kesembilan, hapus kembali kode By Pass yang awal kamu tambahkan saat di Langkah ke 2, jalankan perintah ini untuk membuka filenya, jika sudah langsung simpan lagi saja.

	sudo vim /etc/mysql/my.cnf

Jika sudah, langkah terakhir restart MYSQL kamu dengan mengetikan perintah berikut:

	sudo service mysql restart

Oke mungkin pembahasan ini saya cukupkan sampai disini dahulu, semoga kamu paham dengan apa yang saya paparkan, jikalau memang masih belum paham bisa tanyakan dikolom komentar, terima kasih :)


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post