Cara mengatasi error Couldn't find meta-data for provider with authority di kotlin android studio

Cara mengatasi error Couldn't find meta-data for provider with authority di kotlin android studio

Pada tulisan kali ini saya ingin coba berbagi sedikit tentang pengalaman saya soal membangun aplikasi Android menggunakan bahasa kotlin. Baru-baru ini saya mengalami sedikit kendala terkait upload foto lewat kamera atau lewat galeri handphone, kurang lebih pesan error-nya seperti ini :


bla bla bla . . . Couldn't find meta-data for provider with authority

Mencoba cari solusi kesana-sini, ternyata banyak sekali yang mengalami kasus yang sama di internet, tapi dari sekian banyak solusi belum juga mendapat jawaban yang pas untuk mengatasi masalah ini. Waktu terus berlalu, seling satu jam akhirnya saya menemukan solusi yang sangat pas untuk kasus saya ini. Ternyata solusinya cukup mudah, berikut adalah cara mengatasinya :

#1 Buat direktori baru didalam folder "res" dengan nama "xml". Caranya klik kanan pada folder "res", pilih "new" kemudian pilih "directory"

#2 Selanjutnya buat file baru didalam folder "xml" yang baru dibuat tadi dengan nama "provider_paths". Caranya klik kanan pada folder "xml", pilih "new" kemudian pilih "XML Resource File"

#3 Jika sudah, salin sintak di bawah ini ke file "provider_paths" yang tadi dibuat :

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<paths xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android">
    <external-path name="external_files" path="."/>
</paths>

#4 Kemudian langkah selanjutnya, tambahkan sintak ini kedalam file "AndroidManifest", letakan didalam tag "application" :

<provider
    android:name="androidx.core.content.FileProvider"
    android:authorities="${applicationId}.provider"
    android:exported="false"
    android:grantUriPermissions="true">
    <meta-data
        android:name="android.support.FILE_PROVIDER_PATHS"
        android:resource="@xml/provider_paths" />
</provider>

Jika semua langkah-langkah sudah dilakukan, seharusnya sekarang error yang tadi sudah bisa teratasi, sebelum melakukan running atau build aplikasi, coba lakukan "invalidate & restart" dan "clean project" terlebih dahulu.

Mungkin tulisan kali ini saya cukupkan sampai disini dulu, semoga bermanfaat untuk kamu, jika ada yang kurang di mengerti bisa tanyakan langsung di kolom komentar, saya usahakan cepat untuk menjawabnya, terima kasih :)




2/Post a Comment/Comments

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama