Cara mengubah direktori htdocs localhost xampp atau apache2 di Ubuntu Linux

Cara mengubah direktori htdocs localhost xampp atau apache2 di Ubuntu Linux

Untuk kamu para pengembang web pasti sudah tidak asing lagi dengan web server seperti xampp atau apache2. Dimana dengan web server ini kita dapat membangun website yang kita mau meenggunakan bahasa pemrograman PHP.

Sebenarnya di dalam xampp ini terdapat apachenya juga, cuma si xampp ini merupakan aplikasi yang memang sudah dibudle khusus guna untuk memudahkan para penggunanya. Jadi dalam satu aplikasi sudah include web server beserta databasenya, yaitu Mysql/MariaDB biasanya dan juga ada phpmyadmin didalamnya.

Sedangkan si apache2 ini web server versi retail lah kalau bisa kita sebut, karena kalau kita menggunakan web server apache2 ini, kita tidak dapat bundle seperti yang ada di xampp. Kita harus memasangnya satu per satu, dari mulai database, extension php, phpmyadmin dan lain sebagainya.

Kurang lebih seperti itu kira-kira, saya yakin kamu sudah paham lah. Tapi jikalau pun belum paham saya akan asumsikan kamu sudah memahaminya, karena bakal lama jika saya harus menjelaskan runut dari awal banget.

Topik kita kali ini adalah mengenai direktori htdocs localhost, jika di xampp. Dan var/www/html jika di apache2. Disini kita akan coba membahas bagaimana cara kita merubah direktori default dari localhost. Terkadang dalam suatu kasus kita memerlukan direktori default ini di alihkan atau diubah. Sebabnya bermacam-macam, entah itu karena membutuhkan hak akses yang lebih terbuka atau apalah itu.

Untuk melakukan ini di Ubuntu Linux sebenarnya banyak sekali caranya, namun disini saya akan coba memberikan cara yang memang paling sederhana dan paling mudah untuk di praktikan, yaitu dengan cara membuat Symlink. Jika ditanya Symlink itu apa, penjelasan sederhananya adalah membuat link, seperti layaknya kita membuat link di web menggunakan tag html <a href="#"></a>. Cuma bedanya disini kita membuat link antar folder. Untuk Symlink ini biasanya icon foldernya ada tanda seperti undo gitu, kayak gini :
Cara mengubah direktori htdocs localhost xampp atau apache2 di Ubuntu Linux
Untuk membuatnya sangatlah mudah, simak contoh di bawah ini.

Sebagai contoh, jadi disini ceritanya saya ingin membuat Symlink yang mana si direktori /opt/lampp/htdocs itu harus bisa di akses dari direktori /home/kang/ProjectsPhp , berikut adalah perintahnya :

UNTUK XAMPP/LAMPP

sudo ln -s /opt/lampp/htdocs /home/kang/ProjectsPhp


UNTUK APACHE2

sudo ln -s /var/www/html /home/kang/ProjectsPhp


Setelah Symlink dibuat, aktifitas selanjutnya untuk mengontrol data localhost bisa dari /home/kang/ProjectsPhp langsung. Jika ada keperluan merubah hak akses kamu tinggal masuk ke direktori /home/kang/ProjectsPhp dengan mengetikan perintah :


cd /home/kang/ProjectsPhp

Lalu ketikan perintahnya seperti biasa, misal mau merubah hak akses. Ketikan perintah ini :


sudo chmod -R 755 htdocs

Walau kamu mengubahnya lewat direktori /home/kang/ProjectsPhp, tapi ke direktori aslinya akan ikut terubah juga, makanya dinamakan Symlink.

Jika ada kebutuhan menggunakan git pun kamu bisa akses saja lewat direktori ini (/home/kang/ProjectsPhp), tidak masalah.


Mungkin pembahasan ini cukup sampai disini, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kekurangan atau salah dalam pembahasan ini, jika berkenan bisa lakukan koreksi lewat kolom komentar di bawah, terima kasih :)


0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post