Sunday, May 13, 2018

Cara mudah memformat flashdisk dengan terminal di ubuntu

Cara mudah memformat flashdisk dengan terminal di ubuntu

Pada tulisan kali ini saya akan sedikit membahas seputar cara memformat flashdisk dengan terminal diubuntu. Cara ini bisa menjadi cara andalan jika flashdisk kamu tidak bisa di format dengan cara yang biasa. Cara biasa yang di maksud itu adalah, dengan melakukan klik kanan pada device flashdisk kamu lalu klik format.

Dibeberapa kondisi, kadang cara memformat flashdisk dengan cara biasa kadang suka tidak berhasil. Cara satu ini adalah solusi baik untuk kamu yang ingin memformat isi flashdisk kamu. Caranya cukup mudah dan cepat untuk di praktikan. Pada praktik ini disini saya menggunakan UBUNTU 16.04. Baiklah kita langsung saya ke pokok pembahasan.

STEP BY STEP

Pertama, buka terminal, cara cepat kamu bisa menekan CTRL+ALT+T

Kedua, ketikan perintah sudo fdisk -l atau df -h untuk melihat device yang ada. Pada gambar dibawah ini flashdisk saya memiliki udev dengan nama /dev/sdb1.

Cara mudah memformat flashdisk dengan terminal di ubuntu

Ketiga, jika nama udev sudah diketahui, lalukan umount pada flashdisk kamu dengan mengetikan perintah sudo umount /dev/sdb1.

Keempat, jika flashdisk sudah di umount, kamu bisa langsung memformatnya dengan cara mengetikan perintah sudo mkfs.vfat /dev/sdb1.

Kelima, tunggu sampai proses selesai, dan hasilnya flashdisk kamu menjadi bersih kembali.

Mungkin tulisan kali ini saya cukupkan sampai disini dulu, semoga bermanfaat, terima kasih.
Tshcuss...

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon