Wednesday, April 25, 2018

Cara memperbaiki error "parts of this page are not secure, such as images" https blogger


Pernahkan kamu mengalami error "parts of this page are not secure, such as images" seperti yang ada pada gambar di atas. Error ini muncul saat domain blog kita menggunakan https. Apa kamu tahu apa penyebab dari error tersebut? Jika belum tahu, saya akan sedikit mengulasnya disini.

Error tersebut diakibatkan oleh link sumber gambar yang kita pakai masih menggunakan HTTP bukan menggunakan HTTPS. Solusi untuk masalah ini cukuplah sederhana, yaitu mengubah semua link sumber gambar yang awalnya HTTP menjadi HTTPS.

BLOGGER

Untuk kamu yang menggunakan platform blogger, kamu bisa masuk ke  :
  • Masuk ke menu tema atau template,
  • Kemudian klik tombol "Edit HTML"
  • Setelah itu akan muncul editor yang berisi sintak XML,
  • Tugas kamu di sana mencari link sumber gambar yang menggunakan HTTP, caranya dengan menekan tombol "CTRL+F", lalu ketikan http://.
  • Jika kamu menemukan link sumber gambar dengan http, langsung saja rubah manual menjadi https,
  • Terakhir simpan kembali template yang sudah di edit, lalu reload halaman blog kamu, jika masih muncul error seperti gambar di atas itu tandanya kamu masih belum merubah semua link-nya menjadi HTTPS.

WORDPRESS

Bagi kamu yang menggunakan wordpress, akan terasa ribet jika harus mengubahnya secara manual, agar lebih mudah kamu bisa mengguankan plugin "WP FORCE SSL" agar semua link sumber yang ada di blog kamu berubah menjadi HTTPS. Atau jika kamu tidak mau menggunakan plugin, kamu bisa menyetel file htaccess kamu agar ketika orang mengakses blog kamu dengan HTTP maka akan otomatis di alihkan ke HTTPS.

Mungkin untuk pembahasan kali ini saya cukupkan sampai disini dulu, semoga tulisan ini bermanfaat yah.

Tschuss...

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon