Friday, September 8, 2017

Adb tools untuk debug saat develop aplikasi android hybrid

Adb tools untuk debug saat develop aplikasi android hybrid

Android Debug Bridge (adb) adalah alat baris perintah serbaguna yang memungkinkan kamu berkomunikasi dengan sebuah instance emulator atau perangkat Android yang terhubung.

Jadi intinya adb ini bisa membantu kita dalam melakukan debuging saat kita sedang membuat aplikasi android. Bisa diibaratkan adb ini adalah inspect elementnya browser walau performencenya tidaklah se-powerfull inspect element, tapi dengan ini kita bisa melihat data yang kita console.log, atau error sebuah aplikasi dari adb.

Untuk menggunakan adb sendiri ada dua, yang pertama kita memasang android studio pada alat tempur kita, atau yang kedua kita hanya memasang adbnya saja.

Bagi saya pribadi lebih sekarang saya lebih suka menggunakan cara yang kedua. Untuk cara pertama agak banyak memakan tenaga, karena ketika android studio dan genymotion jalan berbarengan itu akan memakan ram yang banyak, apalagi ketika ditambah chrome hahaha

Pas dulu saya memakai adb di android studio saya sering banget ngecek status ram, soalnya kalau kebablasan alat tempur saya suka tiba-tiba beku alias hank wkakakak. Nah pada artikel ini saya ingin membahas cara memasang adb tanpa harus memasang android studio. Dan cara ini akan menghemat banyak ram di alat tempur kamu.

Bagi kamu yang sudah terlanjur memasang android studio, kamu tidak perlu memasang adb-nya lagi, kamu tinggal pakai yang sudah ada di dalam folder instalasi android studio-nya, biasanya letaknya ada di Android/Sdk/platform-tools/ , nah disana ada file .exe (jika di widows) atau file .sh (jika di linux).

Yang Sudah Terlanjur Memasang Android Studio

CARA MENGGUNAKAN ADB DIWINDOWS :
- Silahkan masuk ke path Android/Sdk/platform-tools/
- Tekan tombol shift lalu klik kanan (sembarang), kemudian pilih "open command windows here"

Adb tools untuk debug saat develop aplikasi android hybrid
 - Kemudian ketikan "adb devices" untuk melihat apakah ada emulator atau device yang sudah running.

Adb tools untuk debug saat develop aplikasi android hybrid
- Jika sudah maka kamu tinggal menjalankan perintah ini

adb logcat chromium:D SystemWebViewClient:D *:S

- Jika sudah, langkah selanjutnya kamu tinggal menjalankan aplikasi yang akan kamu debug pada device atau emulator kamu, maka nanti akan otomatis tampil semua log error atau apa lah pada adb di command line kamu.

CARA MENGGUNAKAN ADB DILINUX :
- Buka terminal
- Masuk ke direktori "Android/Sdk/platform-tools/" , karena folder instalasi android studio saya terletak di root jadi untuk masuk kesana saya cukup mengetikan perintah "cd ~/Android/Sdk/platform-tools/" . Pada bagian ini di sesuaikan saja, tergantung dimana kamu meletakan instalasi android studionya.
- Langkah selanjutnya tidaklah berbeda jauh dengan diwindows, bedanya kamu perlu menggunakan dot slash (./) untuk mengeksekusi file .sh-nya. Ketik "./adb devices" untuk melihat apakah ada emulator atau device yang sudah running.
- Lalu ketikan perintah berikut untuk menjalankan abd-nya :

./adb logcat chromium:D SystemWebViewClient:D *:S


Yang Belum Terlanjut Memasang Android Studio

Untuk kamu yang belum memasang android studio tidak perlu repot memasanynya, kenapa ? karena kamu bisa memasang adb-nya saja tanpa harus memasang android studio, caranya bagaimana ?
Untuk pengguna windows mungkin bisa browsing sendiri bagaimana cara memasang adb-nya, jujur saja, saya sendiri tidak menggunakan windows, jadi saya kurang tahu gambaran nyata untuk pemasangannya, disini saya hanya akan membahas cara pemasangan utnuk pengguna linux ubuntu saja, maaf yah hehehe.
INSTALASI

- Buka terminal
- Lalu ketikan perintah berikut satu per satu

sudo apt update
sudo apt install android-tools-adb android-tools-fastboot

- Untuk mengetahui versi adb-nya, kamu bisa mengetikan perintah "./adb version"
- Untuk cara menjalankan adb-nya kamu bisa membaca paparan yang ada di atas.

Mungkin tulisan ini saya cukupkan sampai disini, jika ada yang kurang dan dirasa ada yang perlu ditambahkan dalam postingan, kritik saran bisa kamu tulis langsung di form komentar. Terima kasih, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu :)

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon