Tuesday, September 27, 2016

Cara multi replace dengan str_replace di php

Cara multi replace dengan str_replace di php

Kali ini saya akan sedikit membahas seputar str_replace(), Untuk pengguna bahasa pemrograman php mungkin fungsi str_replace bukan lah hal yang baru. Fungsi berfungsi untuk menggatikan string.

Contoh sederhananya seperti ini :

<?php
echo str_replace("world","Cahya","Hello world!");
?>

Jika di eksekusi, hasilnya seperti ini :
> Hello cahya

Sebenarnya bukan itu yang akan saya bahas kali ini, melainkan saya akan membahas bagaimana cara mereplace banyak string dengan fungsi str_replace().

Untuk caranya sendiri kita akan menggunakan array. bagaimana cara mengkombinasikan array dengan str_replace ? Mungkin akan lebih enak jika kita langsung ke contoh saya yah.

Contoh :
<?php
 $search = array(
  'bodoh',
  'boros',
  'malas'
 );

 $replace = array(
  'pintar',
  'hemat',
  'rajin'
 );

 $subject = "saya adalah anak bodoh, yang boros dan malas";

 echo str_replace($search, $replace, $subject);
?>

Bagaimana ? setelah melihat contoh di atas apakah kamu sudah mendapat gambaran tentang bagaimana cara mereplace banyak string...

Ada satu patokan yang harus kamu ingat ketika menggunakan multi replace ini, yaitu perhatikan posisi data array pada variabel $search dan $replace.

Perhatikan posisi data array "bodoh" dan "pintar", kedua kata itu berada di posisi array 0 (nol). Berarti jika posisinya sama seperti itu, kamu bisa dapat menyimpulkan donk seharusnya hehehe

Yups benar sekali, pada saat posisi array sama itu artinya bahwa kata bodoh akan diganti dengan kata pintar begitu pula selanjutnya.

Mungkin untuk kali ini dicukupkan sampai di situ, semoga bermanfaat,
Terima kasih.

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon