Cara install genymotion di linux

Cara install genymotion di linux
Tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial Cara install android studio di linux full . Bagi yang belum tau, genymotion adalah sebuah alat yang dapat memudahkan kita pada saat testing aplikasi android, sebenarnya untuk testingnya sediri android studio sudah menyediakan sebuah emulator, namun di beberapa PC/laptop akan terasa lambat pada saat di gunakan, apalagi bagi pc/laptop yang punya spek minim. Nah berbeda untuk genymotion ini, alat yang satu ini tidak terlalu berat di banding emulator bawaan androidnya sendiri hehehe.

Di pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara install genymotion di linux. Di praktik kali ini saya sendiri memakai distro linux "elementary OS versi 0.3 (freya)" distro ini setara dengan ubuntu 14.

Langkah pertama
Silahkan unduh sendiri genymotion-nya disini : https://www.genymotion.com/download/. Untuk mengunduhnya kamu harus melakukan login, bagi yang belum punya akunnya, silahkan registrasi terlebih dahulu.

Note : akun yang baru saja kamu buat akan di pake lagi padasaat menggunakan emularonya.

Jika genymotion sudah selesai di unduh, monggo jalankan perintah di langkah selanjutnya (diterminal).

Langkah kedua
cd /Downloads

Langkah ketiga
chmod +x genymotion-2.7.2-linux_x64.bin

Note : genymotion-2.7.2-linux_x64.bin -> ini nama file, bisa disesuaikan dengan nama file genymotion yang kamu unduh.

Langkah keempat
./genymotion-2.7.2-linux_x64.bin

Pada langkah keempat ini, jika kamu tidak mengalami masalah, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :
Cara install genymotion di linux

Terkadang kenyataan tidak sesuai harapan. Disaat menjalankan perintah di langkah keempat, saya pernah mengalami error seperti ini :

Cara install genymotion di linux

Ini pesan error yang pada gambar di atas :
./genymotion: /usr/lib/x86_64-linux-gnu/libstdc++.so.6: version `CXXABI_1.3.8' not found (required by /home/kang-cahya/Documents/genymotion/libQt5Core.so.5)
./genymotion: /usr/lib/x86_64-linux-gnu/libstdc++.so.6: version `GLIBCXX_3.4.20' not found (required by /home/kang-cahya/Documents/genymotion/libQt5WebKit.so.5)
./genymotion: /usr/lib/x86_64-linux-gnu/libstdc++.so.6: version `CXXABI_1.3.8' not found (required by /home/kang-cahya/Documents/genymotion/libicui18n.so.52)
./genymotion: /usr/lib/x86_64-linux-gnu/libstdc++.so.6: version `CXXABI_1.3.8' not found (required by /home/kang-cahya/Documents/genymotion/libicuuc.so.52)
./genymotion: /usr/lib/x86_64-linux-gnu/libstdc++.so.6: version `GLIBCXX_3.4.20' not found (required by /home/kang-cahya/Documents/genymotion/libQt5Qml.so.5)

Nah sekarang pertanyaannya "bagaimana cara memperbaikinya ?"
Jika kamu mengalami hal yang sama dengan saya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini :
Cara mengatasi error genymotion di linux

Mungkin cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.
Terima kasih.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama