Wednesday, April 20, 2016

Import shp file ke postgre dengan php

Import shp file ke postgre dengan php

Shapefile ESRI atau biasa disebut shapefile adalah format data geospasial yang umum untuk perangkat lunak sistem informasi geografis. Dikembangkan dan atur oleh ESRI sebagai spesifikasi (hampir) terbuka untuk interoperabilitas data antara ESRI dan produk perangkat lunak lainnya.

Sebuah "shapefile" biasanya terdiri dari kumpulan file yang berekstensi ".shp", ".shx", ".dbf", dan ekstensi lainnya pada sebuah nama yang sama (e.g., "jalan.*"). Saat penggunaan, shapefile sebenarnya yang rujuk adalah yang berekstensi ".shp", namun file ini tidak lengkap dan membutuhkan file lainnya.

Shapefile keruangan digambarkan dengan geometri : titik, garis, dan luasan. Geometri tersebut, sebagai contoh, dapat mewakili pancuran, sungai, dan danau. Tiap bagian memiliki atribut yang menjelaskan atribut tersebut, seperti nama sungai atau temperatur. (wikipedia)

Kemarin saya iseng membuat sebuah kode yang memungkinkan anda mengimport shp file ke postgre dengan php. pada praktiknya ada beberapa versi source yang saya pakai, yaitu :
  • php 5.4
  • postgre 9.3
sebenarnya ada beberapa cara untuk mengimport file shp ke postgre, diantaranya menggunakan command line dan shp loader. Tetapi pada pembahasan kali ini saya hanya membahas import shp file dengan php.

Untuk kode lengkap anda bisa lihat pada github saya.

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon