Saturday, May 30, 2015

Programmer Juga Harus Banyak Berkomunikasi

Programmer Juga Harus Banyak Bersosialilasi

Selamat malam agan semua, kali ini ane ingin berbagi sedikit pengalaman sebagai anak koder. Sebenarnya pengalaman yang akan ane share adalah sebuah keluhan yang mungkin anak koder alami.

Keluhan ini pertama kali ane lihat di group php indonesia. SM adalah inisial dari orang yang ng-post postingan ini. Mungkin dari keluhan dia, sebagian atau bahkan hampir semua anak koder mengalami hal ini, dan ane akui, ane juga mengalami hal yang sama. hehe :D Berikut adalah beberapa kutipan dari postingan dia yang ane rangkum :) .

Kata orang, unsur utama dalam sebuah kesuksesan adalah kemampuan berkomunikasi. Apabila berbicara dengan orang lain, enak, nyambung, terarah, dan dapat menarik lawan bicara. Ane sedikit mengalami kendala dalam hal tersebut gan. Ini adalah keadaan ane sekarang :
  • Ane sering begadang oleh ngoding (program) (ane memnocba memnguranginya)
  • Ane suka makan gula-gulaan (ane memnocba memnguranginya)
  • Ane jika berbicara sama orang lain sering ngBLANK, padahal kalau lagi sendiri, pikiran ane jalan banget, apalagi logikannya (menurut ane, IMHO)
  • Misalnya berbicara dengan org lain ingin cepat berhenti,
  • berbicara dengan orang lain dalam waktu yg cukup lama misalnya (>30 menit), pikiran ane terasa lelah, kemudian jadi agak malas ngomong.
Bagaimana ? Apakah agan sebagai anak koder mengalami hal ini juga ? :)
Jujur aja, sebenarnya ane juga punya masalah yang sama dengan agan ini. Buruknya sampai saat ini ane masih belum bisa mengatasi itu semua huhhuhuu -_-  dan sekarang sudah jadi kebiasaan yang sulit untuk di rubah :(

Tetapi dari postingan itu, ada beberapa komentar masukan yang mungkin berguna untuk dia dan bahkan untuk ane sendiri. diataranya :
  1. Usva Dhiar Praditya : Pahami dulu tujuan kita berbicara atau komunikasi. Kalo tujuan untuk berkomunikasi adalah mengambil informasi sebnyak-banyaknya dari lawan bicara,untuk mlengkapi wawasan kita, inshaallah akan mudah.
  2. Husni CyberCompaq : ketika kita sedang ngejar project di saat itu kita akan banyak meluangkan waktu bersama kawan (real life). Atur waktu kapan kerja dan kapan kita bersosial.
  3. Yandi Hardiansyah : awalilah berbicara, jadilah pendengar yg baik, nikmatilah saat berbicara dengan yang lain, dan teruslah berbicara. Jangan takut berbicara, karena berbicara itu indah.
Sebenarnya banyak masukan dan saran dari kawan-kawan di group, mungkin ane hanya tampilkan beberapa masukan saja. Agar terlihat lebih ringkas aja maksudnya hehe

Jujur saja dengan ada-nya postingan ini ane merasa terbantu, karena ane juga punya masalah yang sama dengan dia :) hehehe

Sekali lagi terimakasih gan untuk postingannya :)

Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.


EmoticonEmoticon