Thursday, April 30, 2015

Konfigurasi max upload database di phpmyadmin

Konfigurasi max upload database di phpmyadmin


Batas maksimal import database di phpmyadmin defaultnya hanya sebesar 2MB. Mungkin anda pernah mengalami kasus pada saat ingin mengimport database, ternyata database yang anda punya berukuran lebih dari 2MB. Pada kasus di atas sebenarnya ada 2 cara untuk mengimport database ke phpmyadmin, diantaranya :
  1. Meng-splite database menjadi beberapa bagian. misalnya database berukuran yang akan di import berukuran 10MB, maka solusinya anda harus meng-splite-nya menjadi 5 bagian agar setiap bagiannya mempunyai ukuran yang sama rata, yaitu 2MB. Aplikasi yang di gunakan untuk meng-splite database biasanya menggunakan " sql dump splitter 2 ".
  2.  Cara kedua, dengan mengatur sendiri batas maksimal untuk meng-import database ke phpmyadmin.
 Pada artike kali ini saya hanya akan membahas cara ke dua, yaitu bagaimana cara meng-import database ke phpmyadmin dengan cara mengatur maksimal uploadnya langsung. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung ikuti saya langkah-langkahnya di bawah ini.

Praktik 

Untuk mulai mengatur batas maksumal upload di phpmyadmin,
Pertama anda buka file php.ini yang ada di xampp\php . Lalu lihat pada baris ke 769 , nilai default post_max_size hanya 2MB. Sekarang anda coba ubah nilainya sesuai kebutuhan anda. pada contoh saya mengubahnya menjadi 100MB.

Dari :
post_max_size = 2M


Ubah menjadi:
post_max_size = 100M

Kedua, masih di file php.ini . anda coba lihat pada baris ke 921. sama seperti langkah pertama, anda cukup ubah nilai upload_max_filesize nya sesuai kebutuhan anda. disini saya mengubah nilai
upload_max_filesize menjadi 150MB.

Ketiga, setelah langkah satu dan dua sudah di lakukan, selanjutnya anda harus merestart apache dan mysql anda.

Selesai :)

Mungkin cukup sampai disini tutorial kali ini, jika ada yang ingin di tanyakan anda bisa bertanya langsung melalui fanspage atau form komentar di bawah ini


Saya hanya seorang "newbie" yang baru bisa ngoding lohor kemarin.

2 komentar

kalo di hostingan berarti harus ngirim tiket ke hostingannya donk?

iya, request aja ke tempat hosting nya


EmoticonEmoticon