Teknik pencarian di google dengan sintaks khusus

Teknik pencarian di google dengan sintaks khusus

Selain pencarian dengan operator logika, mesin pencarian google menawarkan sintak khusus agar menyempitkan hasil pencarian. Dalam pengindeksan di seluruh halaman web tidak hanya judul (title) dan deskripsi saja. Dengan menggunakan perintah tambahan, pangguna google dapat melakukan pencarian sebagian dari halaman web untuk informasi tertentu. Hal ini berguna ketika hasil dari suatu pencarian terlalu banyak dan membutuhkan hasil yang lebih focus.

Pencarian pada judul
Pencarian spesifik dafat di optimalkan lagi,misalkan kata yang diinginkan hanyalah informasi mengandung kata yang di cari maka dapat memberikan perintah intitle atau allintitle. Misalkan ingin mencari artikel yang berisi tentang kata pemrograman php  maka di gunakan kata kunci intitle:pemrograman php  atau allintitle:pemrograman php .

Pencarian pada situs
Pencarian situ menggunakan google dapat di persempit lagi, sehingga hasil yang di peroleh semakin akurat. Untuk itu, maka dapat di gunakan perintah site, misalkan search engine site:kang-cahya.com atau site:kang-cahya.com search engine.

Pencarian link
Link atau lengkapnya link anchor merujuk pada kata-kata atau gambar pada suatu halaman web yang menghubungkan ke halaman lain. Pada umumnya sebuah link berwarna biru, kata atau frasa berbaris bawah dan mendeskripsikan isinya. Akan tetapi sebuah link juga dapat berupa tombol, icon atau citra.pencarian pada link ini dapat menggunakan perintah inanchor atau allinanchor. Misalkan pencarian link search engine,maka kata kunci yang digunakan adalah inanchor:search engine atau allinanchor:search engine.

Pencarian URL
Pencarian dalam alamat URL memerintahkan google untuk melakukan pencarian hanya pada alamat web (url), tidak termasuk pada judul atau deskripsinya.pencarian pada alamat URL tersebut menggunakan perintah inurl atau allinurl. Misalkan sebuah frasa seperti inurl:search engine atau allinurl:search engine dapat dilakukan dengan baik.

Pencarian text
Pencarian text memerintahkan google untuk melakukan pencarian pada deskripsi dari web dan mengabaikan hasil pada link, url, serta judul. Perintah yang digunalakan intextatau allintext. Misalkan pencarian intext:search engine atau  allintext:search engine.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama