Dasar-Dasar Pencarian (Search Engine)

Dasar-Dasar Pencarian (Search Engine)
Kemampuan mesin pencarian Google sangatlah istimewa, dan makin lama semakin berkembang. Terkadang Google ini disalah gunakan untuk mencari kelemahan dari sebuah situs web, Karena kemampuan robot yang dimiliki oleh Google dalam menelusuri link yang ada dalam internet. Akan tetapi, dalam artikel ini hanya akan membahas bagaimana cara mesin pencarian Google.

Google memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci atau frasa, tetapi terkadang hasilnya menyajikan sejumlah informasi yang tidak di cari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Google menyediakan beberapa fasilitas dan kemampuan dalam menggunakan mesin pencariannya, antara lain adanya fitur operator logika, Pencarian spesifik pada kata dan negasi.

Pencarian menggunakan operator logika
Dalam pencarian di internet yang menggunakan search engine dapat menggunakan operator logika, yang meliputi OR, AND, dan NOT. Berikut ini tabel yang di hasilkan menggunakan operator logika :

# Operator OR

Tabel Operator OR
Contoh : ketik di browser "music","clasic" dan "music classic".
Pencarian pada search engine  dengan menggunakan operator OR dapat digantikan dengan spasi antar kata kunci yang di cari.

# Operator AND

Tabel operator AND

Contoh : ketik di browser "music","clasic" dan "music classic".
Pencarian pada search engine  dengan menggunakan operator AND dapat digantikan dengan tanda + , Menjadi +music+clasic.

    # Operator NOT
      Contoh : ketik di browser "music","clasic" dan "music classic".
      Pencarian pada search engine  dengan menggunakan operator NOT dapat digantikan dengan tanda - , Menjadi music -clasic.

      Pencarian dengan kemiripan (sinonim)

      Pencarian dengan kemiripan akan menampilkan hasil dari pada katanya. Cara penggunaan pencarian dengan kemiripan ini adalah dengan menggunakan simbol  ~.simbol ~ akan memerintahkan Google untuk mencari sinonim dari kata kunci yang mengikuti simbol. Misalkan jika kita ingin mencari ~help music, maka akan sangat berguna untuk melakukan pencarian sinonim help tanpa harus mengetikan semua kata kunci yang ingin di cari. Pencarian ~help maka akan menampilkan halaman yang berisi tips, hint, nasehat, atau panduan.


      Pencarian dalam range angka tertentu.
      Kemampuan lain dari ggogle adalah melakukan pencarian pada range angka tertentu, misalnya hendak mencari harga kamera CLR dengan spesifikai 30 sampai 61 megapixel dengan harga antara Rp.4.000.000 sampai Rp.10.000.000, maka pencarian dapat menggunakan frasa camera CLR 30...61 megapixel Rp4000000...10000000. dimana tanda “...” dibaca sebagai “sampai”.

      0/Post a Comment/Comments

      Lebih baru Lebih lama